Beroperasi 2025, Tol Semarang-Demak Seksi 1 Telan Dana Rp 10,56 Triliun

Kompas.com - 02/02/2022, 17:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 1 sudah selesai lelang dini paket pekerjaan Tahun 2022 dan akan memulai konstruksinya pada Januari 2022.

Pembangunan ini ditargetkan rampung pada tahun 2024 sehingga Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 1 bisa beroperasi pada tahun 2025.

Diketahui, jalan tol sepanjang 26,7 kilometer ini terbagi dua seksi. Seksi 1 yang mencakup Semarang/Kaligawe-Sayung memiliki panjang 10,39 kilometer porsi pemerintah dengan kebutuhan biaya sebesar Rp 10,56 triliun.

Sedangkan Seksi 2 yang mencakup Sayung-Demak sepanjang 16,31 kilometer adalah porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak.

Progres konstruksi Seksi 2 saat ini telah mencapai 64 persen dan ditargetkan kelar pada bulan Oktober 2022 sehingga bisa mulai digunakan pada 2023.

Baca juga: Intip Progres Terbaru Tol Semarang-Demak, Ditargetkan Rampung 2022

Pembangunan seksi 2 dilaksanakan oleh PT PP (Persero) Tbk-PT Wika Konsorium Maratama-Studi Teknik (KSO) dan Konsultan Supervisi PT Virama Karya (Persero) dengan biaya konstruksi sebesar Rp 4,3 triliun.

Secara teknis, Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 akan memiliki dua Simpang Susun (SS), yakni SS Sayung dan SS Demak.

Sementara arah pelebaran pada jalan tol ini adalah pelebaran ke dalam yang memiliki 2x2 lajur awal dan 2x3 lajur akhir.

Kehadiran jalan tol yang terintegrasi dengan Tanggul Laut kota Semarang ini diharapkan bisa mendukung pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Tengah.

Selain itu, Jalan Tol Semarang-Demak juga ditujukan agar bisa mengurangi kemacetan lalu lintas secara signifikan di kawasan Kaligawe dan Bandara Ahmad Yani.

Baca juga: Tol Semarang-Demak Dilengkapi Kolam Retensi dan Rumah Pompa, Buat Apa?

“Keberadaan Tol Semarang-Demak yang terintegrasi dengan tanggul akan memperkuat daya tahan Semarang bagian utara dalam menghadapi banjir rob,” terang Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dilansir dari laman resmi Kementerian PUPR, Rabu (2/1/2022).

Pembangunan infrastruktur ini juga diharapkan bisa menjadi penghubung kawasan strategis seperti, pelabuhan, bandara, kawasan industri hingga pariwisata religi yang terkenal di Demak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.