Mesin Bor HDD Ditambah, Pembangunan SPAM Bandar Lampung Dipercepat

Kompas.com - 05/11/2021, 09:00 WIB
Kementerian PUPR percepat target SPAM Bandar Lampung selesai Juni 2022 Dok. Kementerian PUPRKementerian PUPR percepat target SPAM Bandar Lampung selesai Juni 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR bakal mempercepat pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Bandar Lampung.

Mulanya proyek ini ditargetkan rampung pada akhir 2022, tapi dipercepat menjadi Juni 2022 agar bisa segera dimanfaatkan masyarakat.

Saat meninjau lokasi, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Lampung Ditjen Cipta Karya Maria Doeni Isa mengatakan, kebutuhan air minum di Kota Bandar Lampung sangat minim.

Sehingga keberadaaan SPAM Bandar Lampung cukup penting untuk meningkatkan layanan air minum perpipaan yang saat ini sekitar 30 persen menjadi 60 persen ke depannya.

Baca juga: Terkoneksi Bendungan Way Sekampung, Proyek SPAM Bandar Lampung Dikebut

"Bandar Lampung ini penduduknya banyak, tetapi sumber air bakunya disupport kabupaten lain. Jadi ini SPAM nya dari aliran Sungai Way Sekampung, tapi bendungnya dari Bendungan Argopuro," kata Maria dikutip dari laman Ditjen Cipta Karya, Kamis (04/11/2021).

Menurut dia, ada percepatan target penyelesaian menjadi Juni 2022. Mengingat rencana sebelumnya SPAM akan selesai di akhir tahun 2022.

"Kami berjanji menyelesaikan di Juni 2022 untuk commissioning dan bisa dimanfaatkan masyarakat Bandar Lampung," ujarnya.

Rencananya, harga air yang dijual ke PDAM sebesar Rp 4.200 per meter kubik. Sedangkan harga jual PDAM ke masyarakat menjadi Rp 7.000 per meter kubik.

Sementara itu, Kepala Satker BPPW Lampung M Syukron Fikri menambahkan, langkah percepatan akan dilakukan dengan menambah mesin bor Horizontal Drilling Direction (HDD) yang sebelumnya dua unit menjadi lima unit.

"Rencana pemasangan pipa air minum sepanjang 73 kilometer juga akan dipercepat, dan saat ini sudah terpasang sepanjang 48 kilometer," jelas Syukron.

Baca juga: Berkapasitas 750 Liter Per Detik, SPAM Banjarbakula Layani 3 Daerah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.