Kompas.com - 25/10/2021, 16:30 WIB
Gerbang Tol Dumai seksi 6 (Duri Utara-Dumai) di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer. Tol ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo, Jumat (25/9/2020). Hutama KaryaGerbang Tol Dumai seksi 6 (Duri Utara-Dumai) di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer. Tol ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo, Jumat (25/9/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR melakukan peninjauan lapangan di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai), terkait layanan jalan tol dan rest area.

Seperti diketahui, kegiatan Penilaian Jalan Tol Berkelanjutan Tahun 2021 dilakukan sejak 12 Oktober-21 November 2021 terhadap 44 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), 63 ruas jalan tol, dan 123 rest area yang ada di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penilaian jalan tol berkelanjutan dilakukan oleh empat tim penilai yang terdiri dari para pakar individu serta penilai dari Kementerian PUPR.

Setiap ruas jalan tol dan rest area akan dinilai oleh dua tim penilai yang berbeda. Hasil dari penilaian akan diumumkan pada 3 Desember 2021 mendatang.

Baca juga: 63 Ruas Tol dan 123 Rest Area Resmi Dinilai hingga 21 November

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, BUJT didorong untuk meningkatkan kualitas layanan jalan tol secara berkelanjutan karena kebutuhan dan ekspektasi publik yang semakin tinggi.

"Kami meyakini dengan lingkungan jalan tol yang lebih baik akan berkontribusi terhadap kenyamanan dan keselamatan dalam mengemudi di jalan tol, khususnya tidak hanya jalannya tetapi juga rest areanya," kata Basuki dikutip dari situs Kementerian PUPR, Sabtu (25/10/2021).

Tim Penilai dari BPJT Ranto P Rajagukguk mengatakan, ruas Tol Pekanbaru-Dumai masih relatif baru jadi perlu adanya penambahan, terutama rambu-rambu.

"Kami telusuri mulai dari Pekanbaru hingga Dumai, dan terdapat beberapa titik terjadi blank spoot yaitu sinyal hilang. Jadi perlu diperkuat agar pengguna jalan saat darurat di tol dapat berkomunikasi," ungkapnya.

Sementara untuk rest area, titik yang ditinjau yaitu Rest Area km 45+000 (A), Rest Area km 82+000 (A), Rest Area km 82+000 (B), Rest Area km 65+000 (B).

Baca juga: Tepat Hari Pahlawan Tol Pekanbaru-Dumai Mulai Bertarif, Jarak Terjauh Rp 118.500

"Sedangkan untuk rest area meskipun masih bersifat sementara, tetapi sudah mencukupi kebutuhan pengguna jalan," ujarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.