Kompas.com - 23/10/2021, 09:00 WIB
Kota Tokyo Shutterstock.comKota Tokyo

JAKARTA, KOMPAs.com - Meskipun masih dihantam badai pandemi Covid-19, namun investasi real estate (REIT) di Jepang pada kuartal III tahun 2021 masih tetap stabil.

Stabilitas terjadi di sektor perkantoran, hunian keluarga serta logistik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan kondisi tersebut tidak berubah ketika Tokyo masuk dalam kategori darurat karena infeksi Covid-19 menjelang Olimpiade pada bulan Juli lalu.

Menurut laporan Colliers International, harga REIT di Jepang saat ini telah pulih dan mirip dengan kondisi sebelum terjadinya Covid-19. Bahkan kepercayaan untuk kembali membeli properti kian meningkat.

Baca juga: Hingga September 2021, Ciputra Group Cetak Penjualan Rp 5 Triliun

Ini dibuktikan dengan salah satu transaksi terbesar pada kurtal ini, di mana Nippon Building Fund membeli gedung pencakar langit, Iidabashi Grand Bloom dan menjual beberapa properti lama pada Kuartal II.

Selain itu, terjadi juga transaksi di industri perjalanan dan perhotelan, yang terpengaruh karena serangkaian lockdown yang diberlakukan pemerintah

HIS, salah satu Jepang agen perjalanan besar, menjual gedung kantor pusatnya di bawah perjanjian sewa kembali untuk mengurangi tekanan keuangan.

Di sisi lain, ritel terbesar di Jepang, AEON membeli beberapa regional pusat perbelanjaan melalui investasi REIT yang dimiliki.

Dengan 60 persen populasi Jepang telah divaksinasi penuh pada akhirnya September, pemerintah telah memutuskan untuk mulai melonggarkan pembatasan wilayah.

Ini membuat munculnya harap untuk pemulihan di sektor ritel dan perhotelan, yang terdampak buruk dalam beberapa waktu terkahir.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.