Kompas.com - 20/09/2021, 11:30 WIB
Ilustrasi jalan tol. Dok. PT Hutama Karya (Persero).Ilustrasi jalan tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) menambah fasilitas di dua ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) yakni, Tol Palembang-Indralaya dan Tol Medan-Binjai.

Plt Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama
Karya Dwi Aryono mengatakan, hal ini bertujuan demi meningkatkan Standar Pelayanan Minimal (SPAM) bagi pengguna jalan tol yang dikelolanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami terus berupaya untuk meningkatkan fasilitas dan layanan yang ada di jalan tol yang dikelola sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang telah ditentukan,” tutur Dwi dalam siaran pers, Senin (20/09/2021).

Dwi menjabarkan, ada beberapa fasilitas yang ditambah di Tol Palembang-Indralaya seperti rumble-strip di lokasi yang dianggap rawan mengantuk.

Kemudian, menyediakan mesin jet spray untuk pembersihan concrete barrier dan sedimen, memperbaiki jalan dengan menggunakan coldmix maupun patching sesuai kerusakan.

Lalu, menyediakan reflektor atau guardpost di sepanjang mainroad (jalan utama) dan pintu masuk tol, serta menambahkan rambu keselamatan.

Baca juga: Tingkatkan SPM, Hutama Karya Pasang Sensor Lalin Otomatis di Dua Jalan Tol

Sementara di Tol Medan-Binjai, fasilitas yang ditambah berupa dua unit CCTV per kilometer, pemasangan dan crash cushion, penerangan sepanjang jalur tol, serta tambahan Variable Message Sign (VMS).

Fasilitas VMS ditambah demi memudahkan penyampaian informasi kepada pengguna jalan tol.

Selain fasilitas, kata Dwi, Hutama Karya juga menyediakan akses CCTV secara real time melalui aplikasi HK Toll Apps.

Lalu, kegiatan operasi gabungan Over Dimension dan Over Load (ODOL) dengan berkerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) daerah setempat.

Selanjutnya, pemeliharaan fisik jalan tol secara periodik dan melakukan penanaman pohon secara rutin di setiap peringatan hari lingkungan.

Belum lama ini, perseroan menanam pohon secara serentak di seluruh ruas tol operasi bertepatan dengan Hari Ozon Sedunia yang jatuh setiap 16 September.

“Kami berharap, dilakukannya penghijauan ini dapat berdampak pada pelestarian lingkungan yang ada dan menciptakan jalan tol hijau," tutup Dwi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.