Kompas.com - 16/09/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi layanan Airbnb. IstIlustrasi layanan Airbnb.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada paruh pertama tahun 2021, 60 persen host baru di Malaysia berasal dari kalangan milenial yakni mereka yang berusia antara 25 dan 40 tahun.

Dilansir dari New Straits Times, Airbnb menjelaskan lima negara bagian yang menjadi host baru ada di Selangor, Kuala Lumpur, Johor, Sabah, dan Penang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan adanya peraturan Movement Control Order (MCO) atau pembatasan wilayah dari Januari hingga Juni, banyak yang memutuskan untuk menjadi host Airbnb.

Tak disangka, tuan rumah baru Airbnb secara bersama memperoleh pemasukan hingga 680.000 Ringgit Malaysia (Rp 2,4 triliun).

Baca juga: 5 Pulau Pribadi dengan Sewa Murah Meriah Versi Airbnb

Menurut General Manager Airbnb area Asia Tenggara, India, Hong Kong dan Taiwan Amanpreet Bajaj, tahun lalu merupakan tahun yang sangat menantang karena kesulitan berdatangan seiring pandemi Covid-19.

"2020 tidak diragukan lagi merupakan tahun yang menantang karena pandemi terus berdampak pada mata pencaharian, bisnis, dan ekonomi Malaysia,” ujar Amanpreet.

Namun menurutnya menyewakan rumah telah menjadi alternatif sumber pendapatan tambahan selama masa kesulitan keuangan.

“Dengan menjadi host maka kami memberikan pemberdayaan ekonomi bagi tuan rumah baru ini," tambah Amanpreet.

Dikatakan, setelah orang mulai melakukan liburan kembali, sangat penting untuk menjamin keselamatan tamu dan tuan rumah. Ini merupakan prioritas utama di Airbnb.

Baca juga: Intip, Sejumlah Trik untuk Memenangi Persaingan Lawan Airbnb

Tahun lalu, Amanpreet mengatakna Airbnd telah menerapkan proses pembersihan dan sanitasi yang melibatkan para ahli dan didukung oleh Asosiasi Medis Malaysia (MMA) untuk memastikan keamanan seluruh pihak.

"Kami tetap berkomitmen penuh untuk mendukung upaya pemulihan pariwisata Malaysia, dan kami terus bekerja keras untuk menemukan cara baru untuk mendorong perjalanan yang bersih dan aman," tambahnya.

Berdasarkan survei kuartal pertama 2021 yang dilakukan oleh Airbnb, sepertiga tuan rumah Malaysia yang disurvei mengatakan uang yang diperoleh saat menjadi host memberikan sumber pendapatan tambahan untuk tetap bertahan selama pandemi.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.