Kompas.com - 16/09/2021, 08:00 WIB
Bendungan Sadawarna di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Dok. Kementerian PUPR.Bendungan Sadawarna di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.


JAKARTA, KOMPAS.com - Bendungan Sadawarna di Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar) tengah diselesaikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Bendungan dengan kapasitas tampung 44,61 juta meter kubik itu dapat menyuplai irigasi seluas 4.500 hektar di Kabupaten Subang dan Kabupaten Indramayu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan bendungan akan diikuti dengan jaringan irigasinya. Sehingga dengan suplai air yang kontinu dapat menambah masa tanam petani yang awalnya satu kali menjadi 2-3 kali tanam.

"Pembangunan bendungan bertujuan untuk peningkatan volume tampungan air sehingga suplai air irigasi ke lahan pertanian terus terjaga, penyediaan air baku dan pengendalian banjir," katanya dikutip dari laman Kementerian PUPR, Selasa (14/09/2021).

Baca juga: Kebutuhan Air Baku Pelabuhan Patimban Bakal Dipasok Bendungan Sadawarna

Bendungan Sadawarna akan membendung Daerah Aliran Sungai (DAS) Cipunagara yang memiliki panjang 137 kilometer dan mengalir dari Gunung Bukit Tunggul di Pegunungan Bandung Utara dan bermuara ke Laut Jawa.

Dengan luas genangan 720 hektar, bendungan ini berpotensi mereduksi banjir sebesar 26,90 meter kubik per detik di 3 kabupaten yang dilalui DAS Cipunagara. Yakni Subang, Sumedang, dan Indramayu.

Hal senada juga pernah disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, bahwa Bendungan Sadawarna merupakan salah satu program penanganan banjir di wilayahnya.

Sehingga jika bendungan sudah dibangun 100 persen, setidaknya akan dapat menanggulangi banjir di wilayah Subang dan sekitarnya.

"Harusnya banjir Subang itu tidak terjadi lagi secara maksimal," kata Ridwan.

Perlu diketahui, selain fungsi irigasi dan pengendali banjir, Bendungan Sadawarna juga dipersiapkan memasok air baku sebesar 0,36 hingga 1 meter kubik per detik untuk Kawasan Pelabuhan Patimban.

Baca juga: Soal Potensi Wisata Bendungan Bendo, Basuki Tekankan Sabuk Hijau

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.