Kompas.com - 09/08/2021, 19:30 WIB
Gedung Indonesia 1, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat
Davy Sukamta and PartnersGedung Indonesia 1, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Media Property Indonesia (MPI), anak usaha Media Group,  melaporkan PT China Sonangol Media Investment (CMSI) ke Polda Metro Jaya, Kamis (15/7/2021).

Pelaporan ini terkait dugaan kasus penipuan dan penggelapan investasi proyek Indonesia 1 di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur PT MPI Dewi Kusuma Ayu menilai CSMI telah mengingkari janji komitmen kerja samanya dengan perusahaan.

Menurut dia, CSMI yang merupakan perusahaan kerja sama antara anak usaha China Senangol Group (CS) yaitu China Senangol Real Estate Pte Ltd (CSRE) dengan PT MPI belum membayarkan komitmen pembagian saham 30 persen kepada MPI.

Baca juga: Kisruh Proyek Indonesia 1 Berlanjut, Media Group Mengaku Diakali China Sonangol

"Hingga saat ini CSMI belum memenuhi komitmen pembagian saham 30 persen kepada MPI sejak awal kesepakatan bersama antara kedua belah pihak," kata Dewi dalam diskusi virtual, Senin (9/8/2021).

Dewi mengungkapkan, MPI selaku pemegang saham tidak pernah dilibatkan oleh CSMI dalam setiap aksi korporasi pengambilan keputusan terkait pembangunan Indonesia 1.

Karena itu, dia menganggap telah ada indikasi pelanggaran hukum yang dilakukan oleh CSMI dalam perjanjian kerja sama tersebut.

Selain itu, Dewi menilai CSMI tidak pernah memiliki itikad baik dalam merealisasikan komitmen kepemilikan saham yang sudah disepakati sejak awal rencana pembangunan gedung tersebut.

Bahkan, pasca pergantian pemilik dan manajemen baru, CSMI justru mengabaikan dan tidak memenuhi komitmen kerja sama dengan MPI.

Baca juga: Fakta Indonesia 1, Supertall Rp 8 Triliun Milik China Sonangol yang Terancam Mangkrak

"Jadi komitmen yang semula 30 persen itu tiba-tiba malah turun jadi 10 persen, kemudian turun lagi, CSMI mengakui saham MPI hanya satu persen," ucapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.