Luminer LED Hemat Konsumsi Listrik Seperempat Rumah Tangga Uni Eropa

Kompas.com - 27/07/2021, 20:30 WIB
Perusahaan pencahayaan terintegrasi, Signify, mengungkapkan bahwa dengan mengganti luminer konvensional ke LED mampu menghemat konsumsi listrik secara signifikan. SignifyPerusahaan pencahayaan terintegrasi, Signify, mengungkapkan bahwa dengan mengganti luminer konvensional ke LED mampu menghemat konsumsi listrik secara signifikan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan pencahayaan terintegrasi, Signify, mengungkapkan temuan bahwa dengan mengganti luminer konvensional ke LED mampu menghemat konsumsi listrik secara signifikan.

Signify menghitung, untuk penggantian 2,3 miliar luminer konvensional di 27 negara Uni Eropa dapat menghemat listrik mencapai 188,5 Terra What hour (TWh) senilai 40 miliar Euro atau Rp 684 triliun per tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Asumsi angka penghematan ini setara dengan konsumsi tahunan 51,8 juta rumah tangga, atau lebih dari seperempat jumlah rumah tangga di Uni Eropa.

Angka ini juga ekuivalen dengan pengurangan jumlah emisi CO2 sebesar 50,9 juta ton atau sama dengan CO2 yang dapat diserap oleh 2,3 miliar pohon alias setara dengan hutan seluas daratan Inggris dalam setahun.

Baca juga: Tak Lagi Kumuh, Jembatan Penyeberangan Senen Tampil Cantik dengan LED

Dengan demikian, peralihan penggunaan luminer ini mampu menghadirkan peluang signifikan untuk membantu Uni Eropa mencapai emisi nol karbon bersih pada tahun 2050.

Peralihan tersebut selanjutnya akan membantu 27 negara anggota Uni Eropa memenuhi tujuan Kesepakatan Hijau dan memenuhi komitmen mereka sebagai bagian dari Perjanjian Paris.

Global Head of Public & Government Affairs Signify Harry Verhaar menuturkan, peralihan pencahayaan LED terkoneksi memberi Uni Eropa peluang emas untuk membantu mencapai tujuan pengurangan emisi dan menstimulasi ekonomi nasional.

Kunci untuk mewujudkannya adalah dengan mempercepat laju renovasi bangunan menjadi tiga persen per tahun.

Hal ini juga harus disertai dengan program informasi publik berskala Uni Eropa secara menyeluruh, dan menjelaskan manfaat lingkungan serta ekonomi dari peralihan ke pencahayaan LED di rumah mereka.

"Beralih ke pencahayaan LED akan menunjukkan bahwa investasi awal akan terbayar kembali dalam waktu kurang dari dua tahun. Hal yang jelas menguntungkan bagi bumi ini, masa depan digital dan penciptaan lapangan kerja di Eropa," ujar Harry dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Senin (26/07/2021).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.