Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2021, 10:24 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengelola El Hotel Grande Malang mengalihfungsikan hotelnya menjadi isotel atau hotel untuk isolasi mandiri bagi penderita Covid-19.

"Sejak tanggal 19 Juli 2021, El Hotel Grande Malang berubah fungsi menjadi Isotel atau Hotel untuk Isolasi Mandiri bagi penderita Covid-19," kata Pendiri El Group Enggartiasto Lukita dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Senin (26/07/2021).

Menurutnya, pengalihfungsian ini adalah buah kerja sama antara El Hotel Grande Malang dengan Persada Hospital yang dilakukan guna memenuhi kebutuhan masyarakat Malang Raya akan fasilitas isolasi mandiri secara aman, sehat dan terkontrol di bawah pengawasan tenaga medis.

"Problem utama dari penderita Covid-19 selama masa isolasi adalah perlunya rasa aman dan kepercayaan bahwa penderita berada di tempat isolasi mandiri yang tepat," ujar Enggar.

Baca juga: Bekas Hotel Bintang 4 di Medan, Jadi Tempat Isolasi Pasien OTG

El Hotel Grande Malang merupakan salah satu dari enam hotel milik El Group, berisi 103 kamar yang sepenuhnya menjadi isotel.

"Jadi seluruh kamar di el Hotel Grande ini kami jadikan sebagai ruang untuk isolasi pasien Covid-19," imbuh dia.

Jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia belakangan ini meningkat luar biasa.

Hal itu menjadikan seluruh fasilitas kesehatan, terutama di Pulau Jawa, kewalahan bahkan nyaris lumpuh kekurangan ruang perawatan berikut fasilitas pendukungnya.

Di sebagian daerah di Pulau Jawa, rumah sakit terpaksa menambah ruang rawatnya dengan mendirikan tenda-tenda darurat di halaman parkir.

Enggar menambahkan pengalihfungsian hotel menjadi ruang isolasi ini sebagai upaya agar rumah sakit tetap dapat berfungsi dengan baik untuk memberikan pelayanan profesional bagi pasien baik Covid-19 dan juga non Covid-19 yang memerlukan rawat inap.

"Dengan demikian hanya penderita Covid-19 dengan kondisi yang sangat berat saja, yang dirawat di rumah sakit. Penderita Covid-19 dengan gejala ringan sebaiknya diarahkan untuk melakukan isolasi mandiri," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com