El Hotel Grande Malang Jadi Tempat Isoman Pasien Covid-19

Kompas.com - 26/07/2021, 10:24 WIB
El Hotel Grande Malang mengalihfungsikan hotelnya menjadi menjadi ISOTEL atau hotel untuk hotel untuk isolasi mandiri bagi penderita Covid-19 El Hotel Grande MalangEl Hotel Grande Malang mengalihfungsikan hotelnya menjadi menjadi ISOTEL atau hotel untuk hotel untuk isolasi mandiri bagi penderita Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengelola El Hotel Grande Malang mengalihfungsikan hotelnya menjadi isotel atau hotel untuk isolasi mandiri bagi penderita Covid-19.

"Sejak tanggal 19 Juli 2021, El Hotel Grande Malang berubah fungsi menjadi Isotel atau Hotel untuk Isolasi Mandiri bagi penderita Covid-19," kata Pendiri El Group Enggartiasto Lukita dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Senin (26/07/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, pengalihfungsian ini adalah buah kerja sama antara El Hotel Grande Malang dengan Persada Hospital yang dilakukan guna memenuhi kebutuhan masyarakat Malang Raya akan fasilitas isolasi mandiri secara aman, sehat dan terkontrol di bawah pengawasan tenaga medis.

"Problem utama dari penderita Covid-19 selama masa isolasi adalah perlunya rasa aman dan kepercayaan bahwa penderita berada di tempat isolasi mandiri yang tepat," ujar Enggar.

Baca juga: Bekas Hotel Bintang 4 di Medan, Jadi Tempat Isolasi Pasien OTG

El Hotel Grande Malang merupakan salah satu dari enam hotel milik El Group, berisi 103 kamar yang sepenuhnya menjadi isotel.

"Jadi seluruh kamar di el Hotel Grande ini kami jadikan sebagai ruang untuk isolasi pasien Covid-19," imbuh dia.

Jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia belakangan ini meningkat luar biasa.

Hal itu menjadikan seluruh fasilitas kesehatan, terutama di Pulau Jawa, kewalahan bahkan nyaris lumpuh kekurangan ruang perawatan berikut fasilitas pendukungnya.

Di sebagian daerah di Pulau Jawa, rumah sakit terpaksa menambah ruang rawatnya dengan mendirikan tenda-tenda darurat di halaman parkir.

Enggar menambahkan pengalihfungsian hotel menjadi ruang isolasi ini sebagai upaya agar rumah sakit tetap dapat berfungsi dengan baik untuk memberikan pelayanan profesional bagi pasien baik Covid-19 dan juga non Covid-19 yang memerlukan rawat inap.

"Dengan demikian hanya penderita Covid-19 dengan kondisi yang sangat berat saja, yang dirawat di rumah sakit. Penderita Covid-19 dengan gejala ringan sebaiknya diarahkan untuk melakukan isolasi mandiri," pungkasnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.