Waskita Lepas Seluruh Kepemilikan Saham Tol Cibitung-Cilincing kepada API

Kompas.com - 21/07/2021, 12:30 WIB
Proyek Tol Cibitung-Cilincing-Cilincing dihentikan sementara pekerjaannya untuk dievaluasi kembali menyangkut metode konstrukti, serta keselamatan dan keamanan kerja. Kementerian PUPRProyek Tol Cibitung-Cilincing-Cilincing dihentikan sementara pekerjaannya untuk dievaluasi kembali menyangkut metode konstrukti, serta keselamatan dan keamanan kerja.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Waskita Toll Road (WTR) melepas seluruh kepemilikan saham atas PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (CTP) kepada PT Akses Pelabuhan Indonesia (API).

Sebagai informasi, CTP merupakan pemegang konsesi atas Jalan Tol Cibitung-Cilincing.

Peralihan saham WTR atas CTP dilakukan melalui penandatanganan Perjanjian Jual Beli Bersyarat (PPJB).

Melalui penandatanganan itu, WTR dan API menyepakati untuk melakukan pengalihan 55 persen saham WTR atas CTP melalui skema jual beli dengan nilai transaksi sebesar Rp 2,49 triliun.

Setelah transaksi diselesaikan, maka API akan menjadi pemegang keseluruhan saham atas CTP. Sebelumnya, API hanya memegang 45 persen konsesi saham perusahaan itu.

Baca juga: Erick Thohir Optimistis Waskita Bisa Lewati Restrukturisasi Rp 19,3 Triliun dengan 5 Bank

Direktur Utama WTR Septiawan Andri Purwanto menjelaskan, dana yang diterima dari hasil divestasi ini akan digunakan untuk mendukung proses bisnis WTR ke depan.

"Setelah menandatangani PPJB, kami masih harus melakukan pemenuhan persyaratan administrasi dan memastikan proses divestasi dilakukan dengan mematuhi ketentuan berlaku sebelum penandatanganan Akta Jual Beli (AJB)," jelas Septiawan dalam keterangan tertulis, Rabu (21/07/2021).

Dengan adanya divestasi CTP ini, Waskita diperkirakan dapat menurunkan utang melalui dekonsolidasi hingga Rp 5 triliun.

Hingga kini, Waskita telah melaksanakan divestasi atas empat ruas jalan tol dari sembilan ruas jalan tol yang ditargetkan untuk dilepas kepada investor secara keseluruhan pada tahun ini.

Contohnya, Waskita telah melakukan divestasi seluruh kepemilikan saham WTR atas PT Jasamarga Kualanamu Tol (JMKT) kepada Kings Rings Ltd pada April 2021.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.