Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selesai 2022, Konstruksi Jalan Tol Padang-Sicincin Capai 40,81 Persen

Kompas.com - 11/07/2021, 16:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin sepanjang 36,15 kilometer di Sumatera Barat, terus berlanjut.

Hingga kini, perkembangan proyek jalan bebas hambatan berbayar ini telah mencapai 40,81 persen dan ditargetkan rampung pada Desember tahun 2022.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljoo mengatakan dibangunnya jalan tol tersebut bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan konektivitas.

Baca juga: Beredar Kabar Tol Padang-Sicincin Disetop, Hutama Karya Angkat Suara

"Pembangunan jalan bebas hambatan ini akan meningkatkan konektivitas antara Sumatera Barat dengan Riau," kata Basuki dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Minggu (11/07/2021).

Konstruksi Jalan Tol Padang-Sicincin telah dimulai pada Februari 2018.

Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Padang-Pekanbaru sepanjang 256 kilometer dan terbagi menjadi 6 seksi.

Keenam seksi tersebut adalah Seksi I Padang-Sicincin 36,15 kilometer, Seksi II Sicincin-Bukittinggi 38 kilometer, dan Seksi III Bukittinggi-Payakumbuh 34 kilometer.

Lalu Seksi IV Payakumbuh-Pangkalan 58 kilometer, Seksi V Pangkalan-Bangkinang 56 kilometer, serta Seksi VI Bangkinang-Pekanbaru 40 kilometer.

Secara keseluruhan, Tol Padang-Pekanbaru akan ditargetkan beroperasi penuh pada tahun 2025.

Pembangunan Tol Padang-Pekanbaru dikerjakan oleh PT Hutama Karya (Persero) dengan nilai investasi Rp 78 triliun melalui Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) yang ditandatangani pada tanggal 11 Oktober 2017.

Tol Padang-Pekanbaru merupakan bagian dari JTTS sepanjang 3.049 kilometer yang terdiri dari koridor utama (back bone) sepanjang 2.105 Kilometer dan koridor pendukung (sirip) sepanjang 944 Kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com