Kompas.com - 03/07/2021, 14:00 WIB
Salah satu proyek strategis nasional yakni Bendungan Lau Simeme yang berlokasi di Kecamatan Biru-biru, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Pembangunannya ditargetkan rampung tahun 2022. Kementrian PUPRSalah satu proyek strategis nasional yakni Bendungan Lau Simeme yang berlokasi di Kecamatan Biru-biru, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Pembangunannya ditargetkan rampung tahun 2022.

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka memenuhi kebutuhan air baku di provinsi Sumatera Utara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mempercepat penyelesaian pembangunan Bendungan Lau Simeme.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bendungan yang berlokasi di Kecamatan Biru-biru, Kabupaten Deli Serdang ini ditargetkan akan siap dilakukan pengisian air awal pada pertengahan tahun 2022.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pengelolaan sumber daya air dan irigasi terus dilanjutkan untuk mendukung produksi pertanian yang berkelanjutan.

“Pembangunan akan diikuti dengan kehadiran jaringan irigasinya. Jadi bendungan bisa segera dimanfaatkan karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” kata Basuki, dikutip Kompas.com dari laman Kementerian PUPR, Sabtu (03/06/2021).

Baca juga: Juli Pengisian Air, Bendungan Ladongi Siap Penuhi Kebutuhan Irigasi di Kolaka Timur

Kehadiran bendungan Lau Simeme akan menumbuhkan ekonomi lokal serta menunjang PON 2024 di Kabupaten Deli Serdang.

Sebagai salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo, bendungan yang ditargetkan akan menampung 21,07 juta m3 ini mulai dikerjakan pada akhir tahun 2017.

Sesuai target, masa pelaksanaan proyeknya berlangsung hingga pertengahan tahun 2022. Konstruksi bendungan dibangun secara bertahap dalam dua paket, dan menelan biaya APBN sebesar Rp 1,38 triliun.

Paket 1 dikerjakan kontraktor PT Wijaya Karya - PT Bumi Karsa (KSO) dengan progres fisik hingga akhir bulan Juni 2021 mencapai 18,71%.

Selanjutnya Paket 2 dikerjakan oleh kontraktor PT Pembangunan Perumahan - PT Andesmont Sakti (KSO) dengan progres 48,90%.

Bendungan Lau Simeme dirancang mengikuti tipe zonal dengan timbunan batu. Bendungan ini memiliki tinggi 77 meter, lebar puncak 11 meter dan panjang puncaknya 205 meter. Sementara luas area genangan adalah 246,80 hektar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.