Ada 5.000 Desa di Sumut, tetapi Sedikit yang Mampu Kelola Potensinya

Kompas.com - 23/06/2021, 07:00 WIB
BPSDM Provinsi Sumut menggelar ToT Penyusunan Profil Desa dan Keluarhan kepada 30 Widyaiswara di Aula Cemara, kantor BPSDM Sumut, Senin (22/6/2021) Dok: Diskominfo Provinsi SumutBPSDM Provinsi Sumut menggelar ToT Penyusunan Profil Desa dan Keluarhan kepada 30 Widyaiswara di Aula Cemara, kantor BPSDM Sumut, Senin (22/6/2021)

MEDAN, KOMPAS.com – Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) memiliki lebih dari 5.000 desa yang tersebar di 25 kabupaten.

Namun, selama ini, banyak desa belum maksimal mengelola dana desa dan masih banyak kekurangan dalam menyusun profil desa.

Kendala terbesar adalah tenaga pengajar yang minim, kompetensi perangkat desa kurang maksimal, dan pendataan yang belum lengkap.

Permasalahan ini mendapat atensi dari Pemprov Sumut yang punya visi dan misi membangun desa menata kota.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumut lalu menggelar Training of Trainer (ToT) kepada 30 Widyaiswara (pelatih).

Baca juga: Jokowi Bagikan 22.007 Sertifikat Tanah di Sumatera Utara

Hal itu agar nanti pemerintah desa dan kelurahan yang mendapat pendidikan dari para Widyaiswara dapat menggali potensi dan mengelola keuangan desanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepala BPSDM Provinsi Sumut Asren Nasution mengatakan, pihaknya melakukan penataran dan pelatihan kepada aparatur desa agar mampu memetakan mana saja potensi luar biasa dan minim potensi.

Dia berpesan kepada 30 Widyaiswara agar mengikuti pelatihan dengan baik supaya pada 2022 mendatang mampu menjalankan tugasnya.

"Jadi, 30 orang ini nanti kita harapkan menjadi tenaga inti. Tahun 2022 nanti, mereka mampu memberikan pengarahan kepada aparatur desa yang perlu peningkatan kemampuan, mengelola anggaran khususnya,” kata Asren dikutip dari siaran pers Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Sumut yang diterima Kompas.com, Selasa (22/6/2021).

Koordinator Widyaiswara Provinsi Sumut M Syahril Harahap menyampaikan, banyak desa yang belum mampu mengelola potensi yang ada secara maksimal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X