Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Proyek Tol Yogyakarta-Bawen Dimulai Agustus 2021

Kompas.com - 19/06/2021, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Jogja Bawen atau JJB menargetkan, konstruksi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1 (Yogyakarta-Simpang Susun (SS) Banyurejo) dimulai Agustus 2021.

PGS Direktur Utama JJB Oemi Vierta Moerdika mengatakan hal ini dalam siaran pers yang dikutip Kompas.com, Sabtu (19/06/2021).

"Jika tercapai, maka kami targetkan konstruksi Seksi 1 sudah dapat dimulai pada Agustus 2021 mendatang,” jelas Oemi.

Saat ini, penyusunan dokumen Rencana Teknik Akhir (RTA) sedang disusun dengan target persetujuan RTA parsial untuk semua seksi, dan target terdekat adalah konstruksi Seksi 1.

Di samping itu, JJB telah berkoordinasi dengan semua pihak terkait percepatan penetapan lokasi (Penlok) Tol Yogyakarta-Bawen.

Dia berharap, kehadiran Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto dapat memberikan solusi dengan formula yang tepat terkait kendala pengadaan tanah tol tersebut.

Jadi, segala target yang telah ditentukan JJB bisa terlaksana sesuai rencana, baik konstruksi maupun operasional.

Baca juga: PPJT Resmi Diteken, Tol Yogyakarta-Bawen Direncanakan Tuntas 2023

Sementara itu, Airlangga mengatakan, Kemenko Bidang Perekonomian sangat mendukung penuh proses pengerjaan Tol Yogyakarta-Bawen, termasuk mendorong percepatan penyelesaian sejumlah kendala teknis dan non-teknis yang tengah dihadapi.

Menurutnya, hal paling krusial terkait pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen adalah soal pendanaan untuk pengadaan tanah.

"Kami dari Kemenko Bidang Perekonomian akan berkoordinasi dengan semua pihak terkait proyek ini untuk nantinya mencarikan solusi atas kendala terhadap pendanaan,” tegas Airlangga.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit juga akan mendukung penuh kebijakan yang diambil setelah kunjungan dari Airlangga Hartanto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Perlu diketahui, Tol Yogyakarta-Bawen memiliki nilai investasi sebesar Rp 14,26 triliun dan masa konsesi selama 40 tahun.

Jalan tol ini terdiri dari 6 seksi yaitu Seksi 1 Yogyakarta-SS Banyurejo sepanjang 8,25 kilometer, SS Banyurejo-SS Borobudur sepanjang 15,26 kilometer, dan SS Borobudur-SS Magelang sepanjang 8,08 kilometer.

Kemudian, SS Magelang-SS Temanggung sepanjang 16,64 kilometer, SS Temanggung-SS Ambarawa sepanjang 22,56 kilometer, sera SS Ambarawa-Interchange (IC) Bawen membentang 5,21 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com