[POPULER PROPERTI] Sebelum Jadi Cagar Budaya, Rumah Gubernur Jenderal VOC Sempat Mau Dibongkar

Kompas.com - 14/05/2021, 12:32 WIB
Kondisi Rumah Cimanggis yang mulai hancur karena tidak terawat di Kota Depok, Kamis (18/1/2018). Pemerintah berencana membangun Universitas Islam Internasional Indonesia. Wakil Presiden Jusuf Kalla membuat wacana bahwa untuk pembangunan universitas itu, Rumah Cimanggis akan digusur. MAULANA MAHARDHIKAKondisi Rumah Cimanggis yang mulai hancur karena tidak terawat di Kota Depok, Kamis (18/1/2018). Pemerintah berencana membangun Universitas Islam Internasional Indonesia. Wakil Presiden Jusuf Kalla membuat wacana bahwa untuk pembangunan universitas itu, Rumah Cimanggis akan digusur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penataan Rumah Cimanggis sebagai salah satu cagar budaya di Depok tengah dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Rumah ini merupakan bangunan peninggalan Gubernur Jenderal Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) Petrus Albertus van der Parra.

Ketua Depok Heritage Community (DHC) Farah Diba mengatakan, timnya selalu mengevaluasi temuan dan pengamatan semua anggotanya terhadap sejumlah situs bersejarah, kawasan, dan bangunan cagar budaya di Depok dan sekitarnya.

Dari hasil pengamatan itu, tersiar kabar bahwa semua bangunan di Rumah Cimanggis akan dirobohkan.

Artikel tersebut menjadi berita terpopuler di kanal Properti Kompas.com edisi Jumat (14/05/2021).

Lantas, mengapa bangunan bersejarah tersebut mau dirobohkan?

Ulasan selengkapnya bisa Anda dapatkan di sini Sebelum Jadi Cagar Budaya, Rumah Gubernur Jenderal VOC Sempat Akan Dibongkar

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat, 512.876 kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju arah timur, barat, dan selatan.

Angka ini dihitung pada H-7 hingga H-1 Lebaran 2021 atau periode Kamis (06/05/2021) hingga Rabu (12/05/2021).

Jumlah tersebut turun 46,1 persen dibandingkan volume lalu lintas (lalin) normal sebanyak 951.602 kendaraan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X