Diresmikan Jokowi, Tol Serpong-Pamulang dan Cengkareng-Kunciran Sudah Bisa Dilintasi

Kompas.com - 01/04/2021, 10:49 WIB
Progres konstruksi Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran hingga saat ini telah mencapai 86,46 persen Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRProgres konstruksi Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran hingga saat ini telah mencapai 86,46 persen

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang serta Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, Kamis (1/4/2021).

"Dengan mengucap bismillahirrahminirrahim, Jalan Tol serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran saya resmikan pagi hari ini," tegas Jokowi dalam sambutannya pada peresmian kedua jalan tol tersebut.

Peresmian itu ditandai dengan penempelan kartu uang elektronik pada replika Gerbang Tol Otomatis (GTO) dan penandatanganan prasasti.

Dengan demikian, kedua jalan bebas hambatan berbayar tersebut sudah bisa digunakan pengguna jalan tol.

Jokowi mengatakan, Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Tol Serpong-Pamulang ini merupakan bagian dari jaringan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.

Baca juga: 1 April, Tol Cengkareng-Kunciran dan Tol Serpong-Pamulang Diresmikan

Selain itu, kedua ruas tol baru tersebut nantinya melengkapi ruas Tol JORR II di sisi barat.

Untuk diketahui, konstruksi Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran terbagi menjadi empat Seksi, yaitu Seksi I (Kunciran-Tirtayasa) sepanjang 2,04 kilometer dan Seksi II (Tirtayasa-Benteng Betawi) sepanjang 3,52 kilometer.

Kemudian, Seksi III (Benteng Betawi-H Sastranegara) sepanjang 6,57 kilometer dan Seksi IV (H Sastranegara-SS Benda) sepanjang 2,06 kilometer.

Tol Cengkareng-Batu Seper-Kunciran akan dilengkapi lima gerbang tol (GT), yakni GT Kunciran, GT Tirtayasa, GT Buaran Indah, GT Tanah Tinggi, dan GT Husein Sastranegara.

Selain itu, juga dilengkapi tiga simpang susun (SS), yaitu SS Kunciran, SS Belendung, dan SS Benda. Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran nantinya juga tersambung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan Presiden Jokowi sejak Desember 2019.

Adapun untuk Tol Serpong-Cinere sepanjang 10,1 kilometer terdiri atas dua  seksi, yakni Seksi I Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 kilometer yang sudah rampung, serta Seksi II Pamulang-Cinere sepanjang 3,6 kilometer dengan progres pengerjaan 86 persen.

Pengusahaan ruas tol ini dilakukan oleh PT Cinere Serpong Jaya dengan biaya konstruksi Rp 2,1 triliun.

Untuk sisa Seksi 2 Pamulang-Cinere akan tersambung ke Ruas Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) dan Tol Depok-Antasari, sehingga menjadi jaringan yang terhubung.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X