BPIW Kementerian PUPR Pangkas Anggaran Sebesar Rp 57,3 Miliar Tahun 2021

Kompas.com - 01/04/2021, 09:25 WIB
Kepala BPIW Hadi Sucahyono KOMPAS.COM/DANI PRABOWOKepala BPIW Hadi Sucahyono

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hadi Sucahyono mengatakan, BPIW telah melakukan refocusing anggaran sebesar Rp 57,3 miliar pada tahun 2021.

Menurutnya, refocusing tersebut dilakukan dalam rangka penanganan pandemi Covid-19.

"Sebelum refocusing kita mempunyai pagu anggaran sebesar Rp 206, 18 miliar, kemudian terjadi refocusing sebanyak Rp 57,3 miliar. Sehingga, sekarang pagu kita setelah refocusing adalah Rp 148,89 miliar," kata Hadi dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi DPR RI, Rabu (31/3/2021).

Hadi menjelaskan, refocusing atau pemangkasan anggaran yang dilakukan itu berasal dari sejumlah pos, di antaranya perjalanan dinas, meeting honorarium, dan paket jasa konsultasi.

Baca juga: 1 April, Tol Cengkareng-Kunciran dan Tol Serpong-Pamulang Diresmikan

"Ini yang dilakukan refocusing adalah dari perjalanan dinas, dari meeting honorarium dan juga paket jasa konsultasi. Dan ini juga berakibat adanya berkurangnya 22 output kerja yang tadinya kami sudah rencanakan BPIW," jelasnya.

BPIW Kementerian PUPR juga selanjutnya melakukan kegiatan pengembangan infrastruktur wilayah nasional jangka panjang dan jangka menengah.

Intinya dilakukan rencana untuk pengembangan infrastruktur jangka panjang nasional, kemudian yang juga jangka menengah secara nasional.

Kemudian, dilakukan pelaksanaan koordinasi pembangunan wilayah bidang PUPR dengan kementerian/lembaga lain maupun dengan internal Kementerian PUPR dan dengan daerah.

Adapun untuk pusat pengembangan infrastruktur wilayah nasional tahun 2021 dengan anggaran sebesar Rp 20,8 miliar.

Hal itu meliputi kegiatan antara lain rencana pengembangan infrastruktur jangka panjang nasional, rencana terpadu pembangunan infrastruktur PUPR jangka menengah pada wilayah nasional, pelaksanaan Rakorbangwil, Lakip Kementerian PUPR, dan dukungan unit kepatuhan internal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X