Anjlok 48 Persen, Pendapatan Waskita Tahun 2020 Hanya Rp 16,2 Triliun

Kompas.com - 31/03/2021, 18:45 WIB
Ilustrasi jalan tol. Dok. PT Waskita Karya (Persero) Tbk.Ilustrasi jalan tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk mencatat, pendapatan usaha perseroan tahun 2020 terkoreksi 48 persen atau senilai Rp 16,2 triliun.

Padahal, pada periode yang sama pada tahun 2019, perseroan meraup pendapatan usaha sebanyak Rp 31,4 triliun.

President Director Waskita Destiawan Soewardjono menjelaskan, produktivitas Waskita pada tahun 2020 diukur dengan rasio order book burn rate to sales yang mencapai 24,6 persen.

Capaian itu jauh lebih rendah dibandingkan tahun 2019, di mana rasio burn rate mencapai 35 persen.

“Penurunan produktivitas secara langsung berdampak pada seluruh kinerja keuangan perusahaan,” terang Destiawan dikutip dari siaran pers, Rabu (31/3/2021).

Pendapatan usaha ini disusul dengan kerugian bersih yang ditorehkan oleh entitas induk perseroan sebesar Rp 7,3 triliun.

Baca juga: Incar Pendanaan Rp 15,3 Triliun, Waskita Minta Pemegang Saham Setujui Penjaminan Pemerintah

Utamanya, hal itu disebabkan pada peningkatan beban pinjaman dari investasi jalan tol, penurunan produktivitas proyek, serta beban operasi cukup besar akibat Pandemi Covid-19.

Selain itu, Waskita juga mencatatkan beban operasi sebesar Rp 19,87 triliun atau 123 persen dari capaian pendapatan usaha pada periode 2020.

Fenomena ini disebabkan oleh kenaikan beban bahan baku dan overhead akibat Pandemi Covid-19 serta adanya beberapa klasifikasi ulang dalam pos laba rugi.

Selama Pandemi Covid-19, Waskita pun harus mengeluarkan biaya tambahan untuk implementasi protokol kesehatan di lingkungan kerja perusahaan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X