Kompas.com - Diperbarui 23/08/2021, 18:51 WIB
Jembatan Klodran di ruas tol Solo - Ngawi, Jawa Tengah, Jumat (24/5/2019). KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOJembatan Klodran di ruas tol Solo - Ngawi, Jawa Tengah, Jumat (24/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Struktur jembatan beruji kabel atau cable stayed bridge tengah menjadi tren di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Jembatan cable stayed terbaru yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Kamis (22/10/2020) adalah Jembatan Teluk Kendari, di Sulawesi Tenggara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diresmikannya Jembatan Teluk Kendari ini menambah jumlah cable stayed bridge di Indonesia.

Menurut Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjaja, Indonesia telah dan tengah membangun 12 jembatan cable stayed.

Baca juga: Populer di Berbagai Negara, Jembatan Cable Stayed Punya Sejarah Kelam

Keduabelas jembatan tersebut adalah, Jembatan Batam-Tonton/Barelang I/Tengku Fisabilillah, Kepulauan Riau, Jembatan Suramadu, Jawa Timur, Jembatan Merah Putih Maluku, dan Jembatan Soekarno, Sulawesi Utara.

Kemudian Jembatan Pulau Balang, Kalimantan Timur, Jembatan Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara, Jembatan Sei Alalak, Kalimantan Selatan, Jembatan Palibaja, Sukabumi, Jembatan Musi IV, Sumatera Selatan.

"Lalu Jembatan Pasopati, Jawa Barat, Jembatan Interchange Tol Solo-Kertosono Jawa Tengah, dan Jembatan Sungai Dareh, Sumatera Barat," tutur Endra.

Berikut penampakan 12 cable stayed bridge:

1. Jembatan Barelang Kepulauan Riau

Jembatan Barelang di Batam, tujuan wisata untuk itinerary 1 hari.SHUTTERSTOCK/AKHMAD DODY FIRMANSYAH Jembatan Barelang di Batam, tujuan wisata untuk itinerary 1 hari.

Nama Jembatan Barelang merupakan singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang adalah infrastruktur konektivitas yang menghubungkan sejumlah pulau yakni Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru di daerah Batam, provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.