Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 Dibuka, Ini Rincian Tarifnya

Kompas.com - 10/11/2020, 19:00 WIB
Jalan Tol Cimanggis-Cibitung. Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRJalan Tol Cimanggis-Cibitung.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT) telah melakukan sosialisasi pengoperasian Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 (Junction Cimanggis–On/Off Ramp Jatikarya), Selasa (10/11/2020).

CCT merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh PT Waskita Toll Road atau WTR dengan hak konsesi atas Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 25,38 kilometer.

Baca juga: 10 November, Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 Dibuka Tanpa Tarif

Pengoperasian ruas tol ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1541/KPTS/M/ 2020 tertanggal 30 Maret 2020.

Kelak jika masa sosialisasi telah berakhir dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menetapkan tarifnya, tol ini akan bertarif Rp 5.500 untuk kendaraan Golongan I dengan jarak terjauh dari Junction Cimanggis tujuan On/Off Ramp Jatikarya.

Sementara untuk kendaraan Golongan II, tarif yang dikenakan Rp 8.000, dan kendaraan Golongan III sekitar Rp 10.500.

Dengan beroperasinya Tol Cimanggis-Cibitung (Junction Cimanggis-On/Off Ramp Jatikarya), maka jumlah tol yang dimiliki WTR menjadi 9 ruas.

Direktur Utama PT WTR Herwidiakto mengatakan hal itu dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Selasa (10/11/2020).

"Peresmian ruas tol ini juga menandakan bertambahnya jumlah ruas tol yang beroperasi milik WTR menjadi 9 ruas tol," tutur Herwidiakto.

Herwidiakto melanjutkan, jalan bebas hambatan ini menghubungkan akses dari Cibubur ke Tol Jagorawi.

Dan diharapkan mempercepat waktu tempuh yang sangat signifikan atau hanya membutuhkan waktu 5-10 menit.

Sebelumnya, akses Jalan Transyogi atau Alternatif Cibubur dari Tol Jagorawi memakan waktu tempuh 30 menit.

Adanya jalan tol ini diklaim sebagai akses pengurai kemacetan yang selama ini menghantui Tol Cibubur-Tol Jagorawi yang sudah sangat padat.

Selain itu, ruas tol ini akan membuka alternatif perjalanan pada pengguna jalan tol, khususnya saat berada pada jam sibuk.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X