Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hampir 70 Persen Tanah Masjid Al-Jabbar Sudah Kantongi Sertifikat

Masjid terbesar yang ada di Provinsi Jawa Barat tersebut memiliki luas sekitar 24 hektar dan secara bertahap sudah didaftarkan untuk sertifikasi lahannya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengamanan dan Kelengkapan Aset Daerah di Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Provinsi Jabar, Dicky Fajar Maulana.

“Alhamdulillah sudah hampir 70 persen tersertifikasi. Hari ini, sertifikat lahan parkir dan taman,” ungkap Dicky usai menerima sertifikat Barang Milik Daerah (BMD) yang diserahkan oleh Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka ATR), Raja Juli Antoni di Kantor Pertanahan Kota Bandung, pada Kamis (21/09/2023).

Kesadaran untuk mensertifikatkan lahan diperkuat mengingat lahan tempat Masjid Al-Jabbar berdiri merupakan aset pemerintah daerah.

Sebagai pihak pemerintah, Dicky menyebut bahwa suksesnya sertifikasi harus didukung. Ia berharap, ke depan hal ini menjadi contoh bagi masjid-masjid lainnya agar segera disertifikasi.

Lebih lanjut Dicky Fajar Maulana menginformasikan, di dalam Masjid Al-Jabbar terdapat Galeri Rasulullah SAW dan Museum Sejarah Peradaban Islam.

Dengan adanya dua fasilitas tersebut, selain tempat beribadah, Masjid Al-Jabbar juga menjadi sarana penambah ilmu pengetahuan Islam bagi masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, salah seorang nazir penerima sertifikat tanah wakaf di kegiatan penyerahan sertifikat oleh Kementerian ATR/BPN, Ahmad Hamid, juga menyampaikan kegembiraannya.

Ia mengatakan, sertifikasi untuk Masjid Al Firdaus di Desa Padalarang proses mengurusnya sangat mudah.

“Baru diurus sertifikat wakaf semenjak ada gerakan sertifikat wakaf ini (Gerakan Sertifikasi Rumah Ibadah dan Pesantren, red). Pengurusannya mudah sekali, gratis juga, sangat membantu bagi kami yang menerima wakaf. Jadi kami mengucapkan terima kasih atas adanya program ini,” jelas Ahmad.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/09/23/160000421/hampir-70-persen-tanah-masjid-al-jabbar-sudah-kantongi-sertifikat-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke