Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Hanya Bisa Dilipat, Rumah Prefabrikasi Ini Dibangun Cuma 8 Jam

Dengan metode ini, komponen-komponen material sebuah rumah diproduksi di luar lokasi proyek.

Nantinya, komponen material tersebut kemudian dibawa ke lokasi pembangunan rumah untuk disusun sesuai dengan modular tertentu.

Bila umumnya komponen rumah prefabrikasi dibawa secara utuh, perusahaan real estate New York, Hapi Home, baru saja memproduksi rumah prefabrikasi yang dapat dilipat.

Terdapat dua unit rumah dari Hapi Home yakni Glenflesk dan Heuston yang dapat dilipat ke dalam sehingga memudahkan dalam proses transportasi dan pengiriman.

Keduanya berukuran 39 meter persegi, di mana model Glenflesk adalah unit berisi dua kamar tidur dan model Heuston adalah unit dengan satu kamar tidur.

Bagian luar rumah unit Glenflesk dan Heuston terlipat ke dalam di kedua sisi tengah. Ketika komponennya tiba di lokasi, para pekerja akan membuka bagian atap dan lantai terlebih dahulu.

Setelah itu, bagian dinding luar akan dibuka. Para pekerja akan memastikan semuanya aman secara struktural, dan memasang cetakan dan fitur interior lainnya. Dibutuhkan sekitar delapan jam untuk menyelesaikan proses konstruksinya.

Selain dua model tadi, para pelanggan juga dapat memilih dari 14 model lainnya, yang dirancang oleh insinyur dan arsitek yang bekerja sama dengan Hapi Homes.

Komponen unit rumah prefabrikasi milik Hapi Homes dibuat di pabrik dan memakan waktu sekitar 30 hari.

Setelah itu, komponen-komponen tersebut diangkut ke lokasi di mana kontraktor pekerja dapat menyatukan seluruhnya tersebut dalam hitungan jam.

Unit-unitnya bisa sesederhana rumah mungil yang tidak lebih besar dari gudang, atau sebesar rumah dua lantai berukuran penuh.

CEO Hapi Homes, Mohamed Ahmed mengatakan perusahaan telah membangun dan memasang 12 unit, dengan 12 unit lagi dalam proses produksi.

"Perusahaan bahkan sedang dalam pembicaraan dengan pengembang dan pelaku bisnis perhotelan dan berencana untuk membangun ratusan unit di tahun 2023," ungkap Mohamed seperti dikutip dari Insider. 

Rumah prefabrikasi dari Hapi Homes ini terbuat dari rangka baja ringan sehingga mampu bertahan terhadap rayap dan hama lain yang dapat merusak kayu.

Sementara pelapis dinding rumah ini terbuat dari panel aluminium bergelombang, yang sudah disemprot dengan cat anti korosi. Sedangkan pintu dan jendelanya terbuat dari komponen aluminium.

Unit rumah tanpa perabot telah dilengkapi dengan dinding eksterior, dinding interior, sistem lantai, langit-langit, sistem atap, sebagian besar elemen dapur dan kamar mandi, pintu, pipa ledeng, dan listrik.

Sementara unit rumah dengan perabotan lengkap sudah memiliki setiap perlengkapan pencahayaan, sofa, meja, dan nakas. Area kamar juga dilengkapi dengan kompor, lemari es, dan mesin pencuci piring.

Setiap unit rumah ini dijual dengan harga yang bervariasi. Unit rumah Heuston dengan luas 39 meter persegi, tanpa perabotan dijual senilai 50.000 Dolar AS atau setara dengan Rp 752 juta.

Sementara unit Hueston yang dilengkapi perabot dijual dengan harga mulai 60.000 hingga 75.000 Dolar AS atau setara Rp 900 juta hingga Rp 1,1 miliar.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/07/02/140000621/tak-hanya-bisa-dilipat-rumah-prefabrikasi-ini-dibangun-cuma-8-jam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke