Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tol Puncak Masuk Tahap Kajian, Nilai Investasi Tembus Rp 25 Triliun

Pasalnya, Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Triono Junoasmono mengatakan, progres jalan tol tersebut kini sudah memasuki tahap kajian oleh calon pemrakarsa.

"Jadi, saat ini memang sedang disiapkan kajiannya atau feasibility study/FS (uji kelayakan) dari calon pemrakarsa," terang Triono dalam diskusi di Jakarta, Rabu (10/5/2023).

Triono berharap, calon pemrakarsa ini dalam waktu dekat akan disampaikan ke Kementerian PUPR untuk dikaji.

Secara umum, kata Triono, panjang jalan tol tersebut membentang 52 kilometer dari Caringin menuju Cianjur.

"Caringin itu nanti dari (Tol) Bocimi. Jadi, dari Bocimi nanti akan kami sodet ada lanjutan dari Bocimi ke Cianjur," ucap Triono.

Dia memperkirakan, secara sementara nilainya mencapai Rp 25 triliun yang nantinya akan terbagi menjadi beberapa seksi atau tahapan.

Adapun calon pemrakarsa jalan tol tersebut diketahui PT Matrasarana Arsitama dan Swoosh Capital KFT.

Jalan tol ini juga telah tercantum dalam Rencana Umum Jaringan Jalan Tol dengan target terbangun/operasi pada 2030-2034.

Sebelumnya, rencana pembangunan Tol Caringin-Cianjur diharapkan agar kemacetan di sepanjang wilayah Puncak bisa jauh berkurang.

Namun, dia berharap nantinya ada pemrakarsa yang menyambut rencana pembangunan jalan Tol Puncak. Agar prosesnya bisa lebih cepat.

"Mudah-mudahan bisa dipercepat jika ada pemrakarsanya, namun tetap memperhatikan tantangan yang pastinya akan banyak dalam pelaksanaan konstruksi di lapangan," pungkasnya.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/05/11/060000621/tol-puncak-masuk-tahap-kajian-nilai-investasi-tembus-rp-25-triliun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke