Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penataan Taman Kudus Beres, Jadi Plaza Transit Baru di Dukuh Atas

Berdasarkan keterangan resmi, saat ini PT Integrasi Transit Jakarta (ITJ), anak perusahaan PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Transjakarta tengah menunggu penyelesaian defect list dari hasil evaluasi DPHK DKI Jakarta.

Taman Kudus akan berfungsi sebagai plaza transit bagi pengguna jasa Stasiun KRL Sudirman dan Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas yang hendak berpindah ke moda transportasi lain.

Taman Kudus terletak sekitar 200 meter dari Terowongan Kendal atau tepatnya di Jalan Kudus, Menteng, Jakarta Pusat.

Penataan kembali area ini mampu menghidupkan ruang hijau seluas 750 meter persegi bagi masyarakat permukiman Dukuh Atas.

Tersedia berbagai fasilitas di plaza transit Dukuh Atas baru ini, meliputi akses masuk dan keluar, paviliun, titik penjemputan ojek daring, parkir sepeda, dan area duduk.

Peletakan sejumlah bollard di akses masuk taman juga dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pengunjung dari kendaraan pribadi.

Sesuai dengan namanya, Taman Kudus dirancang dengan konsep yang diangkat dari corak batik kudus, yaitu warna warni khas cerah yang diterjemahkan menjadi pencahayaan taman saat malam hari.

Taman Kudus merupakan salah satu infrastruktur pendukung dalam kawasan TOD Dukuh Atas seluas146 hektar. Kawasan ini dikembangkan dengan tema Poros Transit Internasional.

Sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 107 tahun 2022 tentang Panduan Rancang Kota Kawasan Pembangunan Berorietasi Transit Dukuh Atas, strategi pengembangan kawasan memprioritaskan pengembangan lahan yang berada dalam radius 700 meter dari stasiun dan dikembangkan dalam jangka pendek (0-3 tahun) dan menengah (4-7 tahun).

Sebagai informasi, revitalisasi Taman Kudus menggunakan anggaran sebesar Rp 3 miliar.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/03/25/160000721/penataan-taman-kudus-beres-jadi-plaza-transit-baru-di-dukuh-atas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke