Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Ruas Tol Diuji Coba MLFF Tahun Ini, Bali-Mandara Jadi yang Pertama

Namun, sebelumnya, uji coba pertama akan dilaksanakan di Tol Bali Mandara terlebih dahulu atau tepatnya Juni mendatang.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit, dari uji coba tersebut, akan dilaporkan kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Kita lihat kan kalau tadinya rencana kita kan semua untuk 6 (ruas tol) itu kan di akhir tahun ya Desember. Maka, kita sangat menunggu nanti hasil dari uji coba nanti kita lapor Pak Menteri, nanti beliau pasti akan memutuskan," katanya di Jakarta, Senin (20/3/2023).

Selain Tol Bali Mandara, uji coba sistem MLFF akan dilakukan di Jalan Tol Jagorawi, Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Tol Dalam Kota, dan Tol Jakarta Outer Ring Road atau JORR (termasuk Ulujami-Pondok Aren-Serpong), serta Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam).

Untuk diketahui, sistem MLFF mengandalkan teknologi satelit Global Navigation Satellite System (GNSS) di mana pergerakan kendaraan saat melewati jalan tol akan dideteksi melalui teknologi satelit tersebut.

Kemudian GPS akan menentukan posisi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map matching (pencocokan peta) akan berjalan di central system (sistem pusat)

Saat perjalanan berakhir dan kendaraan keluar tol, proses pencocokan peta pun juga selesai.

Secara otomatis, aplikasi akan mengkalkulasi tarif dan kemudian saldo akan terpotong secara otomatis.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/03/21/100000221/6-ruas-tol-diuji-coba-mlff-tahun-ini-bali-mandara-jadi-yang-pertama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke