Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bazar dan Festival Durian Bakal Digelar di Bendungan Gondang Karanganyar Tiap Tahun

Ini dapat diketahui dari jumlah pengunjung yang hadir dalam acara yang digelar Senin (6/2/2023) hingga Kamis (9/2/2023) dikunjungi oleh sekitar 1.000 orang-1.500 orang per hari.

Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Unit Pengelola Bendungan (UPB) Gondang Marina Putri dilansir dari laman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Minggu (12/2/2023).

“Kegiatannya juga variatif mulai dari penanaman dan pemeliharaan tanaman produktif seperti misalnya durian yang saat ini ada sekitar 400 pohon," ujar Marina.

Sedangkan kegiaran pemeliharaan area bendungan dilakukan mulai dari kerja bakti bersama dengan anggota Komunitas Peduli Bendungan, serta pelatihan anggota pokmas (kelompok masyarakat) bidang pertanian, kebencanaan dan lain-lain.

Bupati Kabupaten Karanganyar Juliyatmono mengapresiasi penyelenggaraan Bazar dan Festival Durian di Bendungan Gondang.

“Selain meningkatkan perekonomian warga, kegiatan ini sebagai salah satu media mengenalkan potensi wisata di kawasan Bendungan Gondang yang sangat bisa dikembangkan. Semoga kesempatan ini dapat dioptimalkan,” ungkap dia.

Untuk mengoptimalkan pemanfaatan Bendungan Gondang bagi masyarakat, pada Desember 2022 dibentuklah Komunitas Peduli Bendungan Gondang berdasarkan Permen PUPR Nomor 27 tahun 2015 tentang Bendungan, terkait Pemberdayaan Masyarakat.

Tujuan utamanya adalah konservasi sumber daya air Bendungan Gondang dan peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

Kepala BBWS Bengawan Solo Maryadi Utama mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja yang diinisiasi dan diprakarsai oleh Komunitas Peduli Bendungan Gondang.

“Pemberdayaan masyarakat melalui program-program komunitas seperti Festival Durian kali ini merupakan wujud kemandirian dan keberlangsungan dari sebuah komunitas itu sendiri," kata Maryadi.

Dia berharap, acara ini bisa menjadi agenda rutin di Bendungan Gondang dan ke depannya dapat menjadi contoh positif bagi komunitas-komunitas yang lain.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/02/12/150000221/bazar-dan-festival-durian-bakal-digelar-di-bendungan-gondang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke