Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Empat Kota di Korsel Jadi Percontohan Bangun IKN, Intip Profilnya

Tinjauan tersebut karena keempat kota yang dimaksud mengimplementasikan prinsip Kota Baru, Kota Hijau (Green City), hingga Kota Cerdas (Smart City).

Melansir informasi dari laman Kementerian PUPR pada Jumat (29/07/2022), empat kota yang dikunjungi Basuki meliputi Kota Sejong, Busan, Songsan, dan Songdo.

Kota Sejong

Adapun lokasi pertama yang dikunjungi adalah Kota Khusus Otonom Sejong, secara de facto merupakan Ibu Kota Administratif Korsel.

Pembangunannya disiapkan untuk mengatasi isu kesenjangan pembangunan antar wilayah yang terpusat di Kota Seoul.

Kota Sejong menjadi model baru desentralisasi sesuai dengan era demokrasi untuk meningkatkan standar hidup masyarakat dengan konsep Smart City yang mengintegrasikan teknologi pada semua aspek kehidupan.

Filosofi pembangunan Busan Eco Delta Smart City adalah menjadikan sebuah kota global, yang inovatif dan berkembang.

Di mana alam, manusia, dan teknologi bertemu menjadi satu kesatuan untuk kemajuan masa depan.

Merupakan pusat kota baru di wilayah Namyang-eup dan Songsan-myeon di Hwaseong, Gyeonggi-do, Korsel.

Proyek pembangunan kawasan budaya perumahan baru yang direncanakan untuk mewujudkan kota hijau ramah lingkungan dan membentuk ruang komersial, serta budaya pariwisata khas Songsan.

Kota ini dikembangkan di atas lahan seluas 600 hektar dari total wilayah seluas 1.500 hektar di sepanjang tepi laut Incheon.

Sehingga, Songdo menjadi pintu gerbang ke Laut Asia Timur yang dirancang untuk hidup dan bekerja.

Selain itu, Songdo mengedepankan konsep kota keseimbangan yang memadukan perpaduan ideal antara hunian, lingkungan budaya, bisnis, ritel, dan rekreasi.

Dirancang sebagai kota ramah pejalan kaki, dengan jalan yang dapat dilalui pejalan kaki, emisi 70 persen lebih rendah, ruang hijau 40 persen, dan kota yang mendorong hidup aktif.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/07/29/194500421/empat-kota-di-korsel-jadi-percontohan-bangun-ikn-intip-profilnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke