Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Hanya Jadi Bahan Kue, Baking Soda Juga Bisa Bikin Kolam Renang Kinclong Kembali

JAKARTA,KOMPAS.com - Soda kue tak hanya bisa digunakan dalam proses pembuatan kue namun juga bisa membuat kolam renang Anda terlihat lebih kinclong. 

Ada dua manfaat menggunakan soda kue di kolam renang. Pertama, untuk meningkatkan alkalinitas dan tingkat pH air. Kedua, untuk menyingkirkan serangan alga hitam di dinding kolam renang.

Seperti dikutip dari Homes and Gardens, pendiri Cleaning Green LLC  Alicia Johnson, menjelaskan  soda kue (atau natrium bikarbonat) memiliki tingkat pH 8 sehingga merupakan bahan alkali alami.

"Menambahkan baking soda ke kolam Anda akan meningkatkan tingkat pH dan alkali, yang akan membantu meningkatkan kejernihan kolam dan meningkatkan stabilitas air," kata Alicia. 

Banyak pembersih kolam komersial menggunakan baking soda sebagai agen aktif pembersih kolam.

Karena itu, daripada mengeluarkan banyak uang proses pembersihan kolam atau membeli cairan pembersih khusus, Anda bisa mencoba menggunakan baking soda terlebih dulu. 

Menurut Alicia, tingkat pH ideal untuk sebuah kolam renang harus berada di kisaran 7,2 hingga 7,8. Sementara itu, alkalinitas air harus berada di antara 110 dan 150 ppm.

Karena itu, untuk membersihkan kolam renang berukuran besar maka Anda kan membutuhkan soda kue dalam jumlah yang besar pula. 

Untuk memulai tindakan pembersihan kolam, ketahuilah takaran bakung soda yang harus digunakan.  Aturannya adalah menggunakan sekitar 680 gram soda kue untuk dilarutkan dalam 45 ribu liter air. Campuran ini dipercaya dapat meningkatkan PPM sebesar 10 angka. 

Setelah Anda menemukan kebutuhan baking soda yang tepat, Anda harus menambahkannya ke kolam dalam bentuk bubuk.

Kemudian tunggu sampai 6 jam agar baking soda benar -benar larut ke dalam air kolam. Namun, Anda bisa mempercepat proses dengan menyalakan sistem sirkulasi kolam. 

"Setelah 6 jam, atasi air kolam lagi, dan jika tingkat pH dan alkalinitas masih di bawah kisaran yang disarankan, maka ulangi langkah-angkahnya," tambah Alicia.

Kolam renang bisa menjadi nilai tambah pada rumah dan bisa menjadi daya tarik sendiri bagi para penyewa. Karena itu, selalu sediakan baking soda di rumah untuk pemberisihan secara rutin. 

https://www.kompas.com/properti/read/2022/07/26/213024521/tak-hanya-jadi-bahan-kue-baking-soda-juga-bisa-bikin-kolam-renang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke