Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bangunan Bersejarah Ukraina, Beragam Langgam dari Romawi hingga Postmodernisme

Dilansir dari Britannica, Senin (28/2/2022), Ukraina berbatasan langsung dengan Belarus di bagian utara, Rusia di bagian timur, Laut Azov dan Laut Hitam di selatan, Moldova dan Rumania di barat daya serta Hongaria, Slovakia dan Polandia di barat.

Sebagai negara dengan peninggalan sejarah Romawi, Ukraina memiliki sekitar 14 ribu monumen arsitektur dan 46 cagar sejarah serta budaya, dilansir dari Rubryka.

Arsitektur Ukraina memiliki gaya yang unik dengan gaya Romawi hingga postmodernisme yang mampu menginspirasi arsitek modern saat ini.

Tidak heran mengapa tujuh mahakarya arsitektur Ukraina masuk ke dalam daftar warisan dunia oleh UNESCO.

Membahas mengenai bangunan bersejarah Ukraina, berikut Kompas.com rangkum 3 bangunan bersejarah di Ukraina.

Terletak di dekat Sungai Dnieper, Kyiv Pechersk Lavra diciptakan oleh seniman aliran barok Ukraina Stepan Kovnir.

Kovnir berkontribusi pada konstruksi biara setelah kebakaran hebat yang melanda bangunan bersejarah tersebut pada tahun 1718.

Seniman Kovnir juga turut membangun gedung Kovnir, menara lonceng di Near Caves dan Far Caves, Katedral Anthony dan berbagai karya seni barok lainnya.

Arsitek Vladyslav Horodetskyi yang merupakan pemilik sekaligus perancang bangunan, menciptakan rumah tersebut dengan gaya Art Nouveau dengan tiga lantai di satu sisi dan enam lantai di sisi lainnya.

Dibangun pada tahun 1903, dikabarkan bahwa House with Chimaeras mengalami beberapa kali dekorasi untuk eksterior dan interior.

Uniknya, bangunan ini memiliki tembok yang menjulang tinggi dan menutupi atap, sehingga House with Chimaeras nampak seperti gedung tanpa atap dan gedung pertama yang mengusung desain itu di wilayah Kiev.

Selain itu, dikabarkan bahwa House with Chimaeras adalah bangunan pertama yang menggunakan semen untuk pertama kali di Ukraina. Semen adalah material bangunan baru kala itu.

Tata letak kamar tuan rumah dibuat sedemikian rupa sehingga sinar matahari bisa terlebih dahulu menyinari ruangan pelayan dan juru masak yang harus menyiapkan makanan sebelum pemilik rumah bangun.

Saat siang hari, matahari akan memasuki kantor Horodetskyi untuk mendukung kegiatan bekerjanya dan matahari akan mengintip ke ruang tamu saat sore hari.

Rumah bersejarah tersebut saat ini berstatus sebagai kediaman Presiden Ukraina yang ditujukan untuk penerimaan delegasi asing.

Dibangun pada tahun 1899-1909 dengan gaya Gotik, gereja ini hadir dengan menara runcing tinggi dengan proporsi ramping dan ringan.

Bangunan setinggi 55 meter ini memiliki fokus utama pada fasad barat dengan tiga portal, jendela mawar dalam kaca patri besar dan pedimen segitiga di atasnya.

Gereja tersebut memiliki arsitektur yang mengesankan dan membawa suasana khidmat selayaknya tempat ibadah.

Saat ini, Gereja St, Nicholas digunakan bersama oleh National House of Organ and Chamber Music of Ukraina dan paroki St. Nicholas dari Gereja Katolik Roma di Ukraina untuk menyelenggarakan layanan bagi komunitas religius.

 

https://www.kompas.com/properti/read/2022/03/01/060000421/bangunan-bersejarah-ukraina-beragam-langgam-dari-romawi-hingga

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke