Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Ada yang Salah, Kamar Mandi dan Toilet Bisa Digabung atau Dipisah

Namun, Anda mungkin pernah mendapati ada sebuah rumah yang memiliki kamar mandi dan toilet yang terpisah maupun tergabung.

Ada beberapa faktor yang berperan dalam membuat keputusan tersebut. Tetapi bagi kebanyakan orang, pertimbangan utama adalah kebersihan, privasi, dan ruang.

Tata ruang fasilitas rumah ini mungkin nampak sepele, akan tetapi baik digabung atau dipisah keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Lantas, lebih baik mana kamar mandi dan toilet terpisah atau gabung? Berikut ulasannya.

Kamar Mandi dan Toilet Terpisah

Pada penataan ini, Anda akan memiliki kamar mandi dengan shower, meja rias, dan fasilitas tambahan lainnya.

Sementara untuk toilet akan berada di ruangan kecil yang terpisah, namun biasanya tidak jauh dari kamar mandi utama.

Kelebihan kamar mandi dan toilet terpisah yakni memberikan ruang privasi berlebih. Karena toiletnya tertutup dan tidak terlihat.

Model penataan ruang ini bagus untuk Anda yang memiliki banyak orang tanpa harus berbagi kamar mandi atau toilet pada waktu yang bersamaan.

Pilihan ini juga membuat kamar mandi lebih higienis dibandingkan menggabungkannya dengan toilet.

Karena bakteri yang dilepaskan ke udara saat toilet disiram hanya akan terkurung di dalam ruang toilet.

Di sisi lain, kekurangan dari penataan ini yaitu apabila ruangan toilet berada di sisi yang lebih kecil, ini dapat menciptakan perasaan sempit yang mungkin membuat sebagian orang tidak nyaman.

Kemudian, jarak dinding ruangan dengan kloset yang terlalu dekat bisa membuat Anda lebih sulit untuk membersihkannya. Terutama pada lantai di belakang kloset.

Kamar Mandi dan Toilet Gabung

Pengaturan kamar mandi dan toilet yang digabung membuat mobilitas Anda lebih cepat dan mudah. Umumnya toilet berada di salah satu sudut ruangan kamar mandi.

Kelebihannya, dua fasilitas yang tergabung ini biasanya akan membuat ruangan jauh lebih besar daripada terpisah. Namun, ada pula ruangannya yang tidak begitu besar.

Gabungan kamar mandi dan toilet juga dapat memberi Anda lebih banyak fleksibilitas saat menggunakannya.

Dalam banyak kasus, Anda mungkin dapat menyembunyikan toilet dari pandangan sehingga itu bukan hal pertama yang terlihat saat membuka pintu kamar mandi.

Selain itu, Anda juga memiliki pilihan untuk menyertakan fitur partisi untuk memisahkan toilet dari kamar mandi, meskipun tidak tertutup sepenuhnya.

Kendati demikian, kekurangan kamar mandi dan toilet digabung yakni potensi merebaknya bau ruangan usai buang air besar.

Kondisi ini dapat menimbulkan masalah ketika beberapa orang perlu menggunakan kamar mandi yang sama setelahnya.

Konsep tata letak ini juga membuat privasi minim. Umumnya seseorang terpaksa harus saling menunggu atau justru mendesak agar bisa bergantian menggunakan kamar mandi.

Kebersihan pun bisa menjadi masalah dengan gaya kamar mandi ini karena bakteri dapat menyebar ke udara setiap kali toilet disiram.

Catatan untuk Anda

Tidak ada cara yang benar atau salah untuk mendesain tata letak kamar mandi Anda. Jadi luangkan waktu untuk memikirkan faktor mana yang paling penting bagi Anda.

Jika Anda tinggal sendiri, privasi tidak akan terlalu menjadi masalah, tetapi mungkin lebih menjadi masalah jika ada lima orang yang berbagi kamar mandi.

Demikian pula, kendala keterbatasan ruang di rumah yang lebih besar daripada di rumah yang lebih kecil.

Konfigurasi apa pun yang Anda pilih, pentingnya desain kamar mandi tidak dapat diremehkan. Agar kedua fasilitas dapat digunakan dengan nyaman.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/02/14/080000921/tak-ada-yang-salah-kamar-mandi-dan-toilet-bisa-digabung-atau-dipisah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke