Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lima Hotel Mewah Tertinggi di Indonesia, Nomor 1 Milik Ganda-Martua Sitorus

Hal ini ditandai dengan sejumlah proyek pencakar langit yang menjulang di atas 200 meter dari permukaan tanah.

Bahkan, dua di antaranya masuk dalam kategori supertall atau pencakar langit yang mengangkasa lebih dari 300 meter.

Menurut Director of Marketing and Communications Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) Elizabeth Randgaard, secara arsitektural terdapat tiga bangunan lebih dari 200 meter yang tuntas konstruksinya tahun 2022.

"Dua di antara tiga pencakar langit ini adalah Autograph Tower, dan Luminary Tower," ujar Elizabeth kepada Kompas.com. 

Menariknya, pengembang dari bangunan-bangunan jangkung ini menempatkan hotel dengan international chain sebagai magnet utama guna menarik minat pengunjung.

Tak main-main, international chain yang digandeng adalah perusahaan perhotelan legendaris dengan merek-merek bereputasi.

Sebut saja Hilton Worldwide, dan Pan Pacific yang digandeng PT Putragaya Wahana untuk mengelola hotel di Autograph Tower dengan merek Waldorf Astoria dan Park Royal di Luminary Tower.

Jika kelak kedua pencakar langit ini tuntas dan beroperasi, maka Waldorf Astoria dan Park Royal akan menjadi hotel tertinggi pertama dan kedua di Indonesia yang masing-masing menjulang 382,9 meter dan 301 meter.

Saat ini, rekor hotel tertinggi di Indonesia masih dipegang oleh The Westin Jakarta yang berada di gedung Gama Tower setinggi 285,5 meter.

Gedung ini dikembangkan dan dimiliki oleh Gama Land yang dipimpin kakak beradik Ganda dan Martua Sitorus.

Mereka bekerja sama dengan Marriott International untuk mengelola The Westin Jakarta.

Berikutnya hotel tertinggi kedua adalah Raffles Hotel yang merupakan bagian dari Accor Group.

Raffles Hotel berada di Ciputra World 1 Jakarta yang dibesut oleh PT Ciputra Development Tbk, dengan ketinggian mencapai 253,34 meter.

Berikut daftar lengkap lima hotel mewah tertinggi di Indonesia:

1. The Westin Jakarta

Dikembangkan dan dimiliki oleh Gama Land. Brand hotel bintang lima di bawah naungan Marriott International, ini berada di gedung Gama Tower setinggi 285,5 meter.

Lokasinya berada di kawasan Segitiga Emas Jakarta, tepatnya di Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.

2. Raffles Jakarta

Dikembangkan dan dimiliki oleh PT Ciputra Development Tbk. Menempati bangunan Ciputra World 1 Jakarta yang menjulang 253,34 meter.

Brand Raffles merupakan bagian dari jaringan Accor Group. Hotel ini juga berada di koridor Segitiga Emas Jakarta, atau tepatnya di Jl Prof Dr Satrio, Jakarta Selatan.

3. Keraton at The Plaza

Sebelumnya, hotel ini dikelola oleh Luxury Collection yang merupakan salah satu brand dari jaringan Marriott International.

Saat ini, hotel sejangkung 225 meter tersebut dimiliki dan dikelola oleh PT Plaza Indonesia Realty Tbk. Menempati area mixed use project bersama dengan pusat belanja Plaza Indonesia, perkantoran The Plaza, dan Grand Hyatt Hotel, di Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat.

4. The Ritz-Carlton Jakarta

Hotel ini dibangun dan dimiliki Century Properties Group Indonesia dengan struktur mencapai 212 meter. Merek Ritz-Carlton dikenal sebagai bagian dari Marriott International.

Berada di koridor Segitiga Emas, Kawasan Bisnis Terpadu Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

5. Regent Hotel at Mangkuluhur City

KG Global Development yang dinakhodai Harry Gunawan menggandeng IHG Group untuk mengelola properti hospitalitasnya dengan merek Regent Hotel. 

Bangunan yang berada di koridor Segitiga Emas Jakarta atau tepatnya Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, ini memiliki ketinggian  211,5 meter.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/02/13/060000421/lima-hotel-mewah-tertinggi-di-indonesia-nomor-1-milik-ganda-martua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke