Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lewat Tol Cisumdawu, Waktu Tempuh Bandung-Bandara Kertajati 1 Jam

Salah satunya adalah melalui penyelesaian Jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dwauan (Cisumdawu) sepanjang 62 kilometer.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, jika seluruh ruas Jalan Tol Cisumdawu telah beroperasi, maka jarak dan waktu tempuh perjalanan dari Bandung menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dapat terpangkas hingga 50 persen.

“Kalau saat ini jarak dari Bandung ke Bandara Kertajati sekitar 160–180 kilometer, sedangkan dengan Tol Cisumdawu menjadi sekitar 60 kilometer. Harapannya Bandung menuju Kertajati bisa 1 jam,” jelas Danang, Selasa (25/1/2022).

Tol Cisumdawu Seksi 1 Cileunyi–Pamulihan mulai beroperasi Selasa (25/1/2022) tanpa dikenakan tarif selama dua minggu ke depan sebagai bentuk sosialisasi oleh pemerintah kepada masyarakat.

Konstruksi Jalan Tol Cisumdawu Seksi 1 telah melewati Uji Laik Fungsi pada tanggal 17–18 Januari 2022, sebagai bagian dari spesifikasi teknis persyaratan dan perlengkapan jalan tol.

Selain itu, Uji Laik Fungsi dilaksanakan sesuai dengan standar manajemen dan keselamatan lalu lintas untuk memastikan seluruh komponen telah terpenuhi dengan baik sebelum dioperasikan.

Berdasarkan Uji Laik Fungsi tersebut, diketahui bahwa waktu tempuh Cileunyi – Pamulihan yang sebelumnya melewati Jalan Raya Bandung–Cirebon dengan waktu hingga 1 jam, saat ini hanya membutuhkan sekitar 15 menit lewat Jalan Tol Cisumdawu Seksi 1.

“Dengan demikian, arus mobilisasi barang dan jasa menjadi lebih efisien sehingga industri dan pariwisata di wilayah sekitar dapat terus tumbuh,” jelas Danang.

Lebih lanjut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, penyelesaian pembangunan jalan tol tersebut sangat penting untuk efektivitas operasional Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban serta pengembangan ekonomi kawasan Ciayu Majakuning dan Kawasan Rebana Jawa Barat.

“Saya apresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Ditjen Bina Marga dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam rangka percepatan penyelesaian Tol Cisumdawu,” papar Basuki.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/01/26/203000321/lewat-tol-cisumdawu-waktu-tempuh-bandung-bandara-kertajati-1-jam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke