Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rabu Ini, Jokowi Resmikan Bendungan Randugunting dan Pasar Johar Semarang

Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, kepala negara akan ke Kabupaten Blora untuk meresmikan Bendungan Randugunting menggunakan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU.

Setelahnya, dia akan kembali melanjutkan perjalanan menuju Kota Semarang dengan menggunakan helikopter yang sama.

Ke Kota Semarang, Jokowi akan meresmikan Pasar Johar Semarang dan menyerahkan bantuan tunai bagi para pedagang kaki lima (PKL) dan warung di halaman depan Alun-Alun Kauman, Kota Semarang.

Untuk diketahui, Bendungan Randugunting direncanakan untuk menambah suplai air bagi daerah kering di Kabupaten Blora dan Rembang.

Pembangunannya mulai dikerjakan pada 2018 dan selesai pada awal 2022 tanpa kendala teknis untuk konstruksi dan sosial dalam pembebasan lahan.

Selain penyediaan air baku dan irigasi, bendungan dengan luas genangan 187,19 hektar ini juga akan berfungsi untuk mereduksi banjir 75 persen atau 81 meter kubik per detik dengan pengurangan luas areal terdampak banjir dari 4.604 hektar menjadi 2.285 hektar.

Bendungan Randuguting memiliki potensi sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan sistem solar panel.

Sementara Pasar Johar Semarang merupakan pasar sentral sekaligus denyut nadi perekonomian Jawa Tengah.

Pasar yang dibangun tahun 1930-an oleh arsitek Belanda Herman Thomas Karsten ini direvitalisasi telah mengalami kerusakan.

Revitalisasi yang dilakukan Kementerian PUPR tetap mengedepankan prinsip-prinsip pelestarian bangunan gedung cagar budaya dengan melibatkan Pemerintah Daerah.

Revitalisasi dilakukan dengan nilai kontrak konstruksi sebesar Rp 146,09 miliar dengan kontraktor adalah PT Nindya Karya (Persero).

Pekerjaan tersebut mencakup rehabilitasi bangunan, pekerjaan rangka atap lengkung, mekanikal elektrikal, pemasangan paving, pemasangan tegel los penjual daging, pengecatan rangka meja lapak, dan pembuatan bak kontrol drainase.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/01/05/124500921/rabu-ini-jokowi-resmikan-bendungan-randugunting-dan-pasar-johar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke