Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang KTT G20 di Bali, Mangrove Conservation Forest Akan Direhabilitasi

Hutan mangrove ini disiapkan sebagai lokasi yang dikunjungi para pemimpin delegasi Group of Twenty (G20) pada 2022 mendatang.

Mengutip dari laman presidenri.go.id, Presiden Jokowi mengatakan, kawasan ini akan menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki komitmen kuat dalam penanganan perubahan iklim.

Hal ini terkait dengan upaya restorasi hutan mangrove, rehabilitasi hutan mangrove, restorasi hutan gambut, dan merestorasi lahan-lahan kritis di Indonesia.

"Saya kira komitmen itu yang ingin kami tunjukkan secara konkret, secara riil di lapangan. Nanti 20 kepala negara akan kami ajak semuanya ke sini," ujar Presiden saat meninjau Mangrove Conservation Forest di Bali pada Kamis (2/12/2021).

Sementara itu, Plt. Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Dyah Murtiningsih menyampaikan, rehabilitasi mangrove merupakan bentuk kerja sama berbagai pihak.

Pihaknya juga telah mengundang para ahli untuk membahas terkait rencana pembangunan persemaian mangrove di Mangrove Conservation Forest, Bali.

"Kami optimistis, yakin karena dengan bersama-sama dengan kementerian yang lain juga kami akan bersama-sama membangun, sehingga pada saatnya bulan Oktober kami sudah akan siap untuk menerima kunjungan dari anggota G20," terangnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono  mengatakan, Indonesia ingin memperlihatkan kemampuan dalam memimpin misi penyelamatan bumi melalui pengembangan dan penyelamatan mangrove kepada dunia.

Oleh sebab itu, Kementerian PUPR bersama KLHK menyiapkan Mangrove Conservation Forest dengan konsep the bigger the better.

"Kalau ada 10 hektar siap kami kerjakan, kalau ada 100 hektar juga siap kami kembangkan, jadi lebih besar lebih baik, kami tunjukkan pada dunia bahwa Indonesia memiliki dan dapat mengembangkan mangrove dengan baik," jelasnya.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/12/02/180000321/jelang-ktt-g20-di-bali-mangrove-conservation-forest-akan-direhabilitasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke