Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Progres Terbaru Double Track Jawa Selatan Senilai Rp 12 Triliun

Ketua Tim Pelaksana KPPIP Wahyu Utomo mengatakan, proyek pembangunan rel ganda ini dirancang sepanjang 361 kilometer di Jawa bagian selatan yang mencakup Jawa Barat, Jawa Tengah, serta Jawa Timur.

"Tujuannya, meningkatkan kapasitas lintas kereta api dalam menghubungkan pusat-pusat kegiatan Jawa bagian selatan," kata Wahyu dalam keterangan tertulis, Jumat (22/10/2021).

Wahyu mengungkapkan, PSN dengan skema pendanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tersebut menelan investasi senilai Rp 12 triliun.

Konstruksi PSN yang menjadi tanggung jawab Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini ditargetkan tuntas tahun 2023.

Koordinator Project Management Office (PMO) Sektor Transport KPPIP Djoko Wibowo menambahkan, progres pembangunan PSN ini.

Untuk di Jawa bagian Barat track Bogor-Cicurug mencapai 70 persen, Gedebage-Haurpugur sebesar 55 persen, Cicurug-Sukabumi masih belum terlihat progresnya karena baru dikerjakan.

Sementara untuk track Cicurug-Sukabumi, progres saat ini masih dalam tahap penyiapan lahan.

Untuk di Jawa Tengah, progress pembangunan track Purwokerto-Kroya, Kroya-Kutoarjo, dan Solo-Kedungbanteng sudah selesai dibangun.

Adapun pembangunan di Jawa bagian Timur untuk track Kedungbanteng-Madiun dan Madiun-Jombang sudah tuntas dikerjakan.

Lalu, progres pembangunan Jombang-Wonokromo progresnya mencapai 50 persen, serta Jombang-Mojokerto telah beroperasional.

Selain Double Track Jawa Selatan, proyek kereta api lainnya yang sudah tuntas dan resmi beroperasi komersial di Pulau Jawa yaitu Kereta Api (KA) Akses Bandara Baru Yogyakarta-Kulon.

Proyek kereta api ini akan terhubung langsung dengan Kota Yogyakarta yang bisa ditempuh selama 40 menit.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/10/22/143000621/begini-progres-terbaru-double-track-jawa-selatan-senilai-rp-12-triliun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke