Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapan Anda Tahu Bahwa Jacuzzi Sejatinya Nama Perusahaan Jet Pump?

Bak mewah yang satu ini biasanya banyak ditemukan di tempat-tempat liburan mahal, seperti hotel, resor atau kapal pesiar.

Jacuzzi memiliki banyak manfaat terkait kesehatan, seperti merelaksasi otot kaku serta meningkatkan denyut jantung sehingga aliran darah menjadi lancar.

Jacuzzi sebenarnya merupakan sebuah nama perusahaan pompa jet atau jet pump di Amerika Serikat yang didirikan tahun 1915 oleh keluarga imigran asal Italia, Jacuzzi.

Tak hanya pompa, mereka juga memproduksi hot tub yang dilengkapi dengan pompa jet yang memiliki lubang-lubak kecil untuk terus mengalirkan air dengan tekanan tertentu.

Pompa jet tersebut diklaim dapat membantu meregangkan nyeri otot dan persendian serta memperlancar aliran darah.

Hingga akhirnya, nama Jacuzzi Whirlpool Bath menjadi populer pada 1980-an sebagai fasilitas hotel mewah.

Sejak saat itu, whirlpool lebih dikenal dengan nama jacuzzi karena perusahaan tersebut yang pertama kali memopulerkannya.

Hingga kemudian salah kaprah kolektif terjadi, banyak orang menyebut whirlpool bath sebagai jacuzzi.

Kini, banyak hunian melengkapi kolam renang atau kamar mandi mereka dengan jacuzzi.

Alasannya, karena gaya hidup modern serta tak perlu antre dan tidak mau berendam atau berenang bercampur dengan orang lain.

Jacuzzi dianggap barang mewah yang menjadi fitur dari rumah, hotel, maupun resor.

Tertarik membeli jacuzzi? Sebelum membelinya, perhatikan dulu faktor berikut ini:

1. Ukuran

Ukuran jacuzzi adalah salah satu elemen terpenting yang perlu Anda perhatikan saat memilih bak mandi air panas, itulah sebabnya dimensi jacuzzi sangat penting untuk dipahami.

Dimensi jacuzzi akan mempengaruhi seberapa banyak ruang yang dibutuhkan baik ditaruh di halaman atau di dek, serta berapa banyak orang yang dapat ditampung sekaligus.

2. Harga

Jika telah menetapkan biaya, Anda dapat mencari jacuzzi yang sesuai dengan anggaran. Harga jacuzzi tidak akan selalu sesuai dengan ukurannya.

Misalnya, jacuzzi kecil dengan banyak fitur mungkin lebih mahal daripada ukuran sedang yang sangat standar.

3. Biaya operasional

Jacuzzi dapat memakan tagihan listrik yang mahal jika Anda sering menggunakannya. Elemen utama yang akan mempengaruhi biaya operasional adalah ukuran jacuzzi dan efisiensi energi.

Umumnya, Anda dapat mengharapkan bahwa semakin kecil jacuzzi, semakin sedikit daya yang digunakan dan memiliki biaya operasional yang lebih rendah.

Namun, perhatikan baik-baik terhadap efisiensi energi dari jacuzzi karena ini sangat penting dalam memotong biaya listrik.

4. Fitur

Bak mandi air panas memiliki berbagai fitur yang dapat menambah pengalaman jacuzzi Anda dan juga berdampak besar pada harga. Beberapa fitur yang tersedia seperti jet dan sistem stereo.

  • Jet

Jet merupakan fitur utama dari setiap bak jacuzzi. Cara kerjanya memutar campuran udara dan air ke bagian utama bak mandi.

Ada banyak versi bak jacuzzi yang berbeda, tetapi semuanya mengikuti struktur sistem dasar yang sama.

  • Sistem stereo

Beberapa model jacuzzi kelas atas akan memiliki sistem stereo internal. Anda dapat menghubungkan berbagai perangkat elektronik untuk diputar melalui speaker di bak mandi air panas.

Biasanya digunakan untuk mendengarkan musik atau podcast sambil bersantai di bak mandi. Selain itu juga tersedia dengan sistem stereo nirkabel dan kompatibel dengan Bluetooth.

  • Pencahayaan

Jika Anda berencana untuk menggunakan jacuzzi pada malam hari, maka memiliki pencahayaan adalah fitur tambahan yang bagus untuk menambahkan getaran disko atau menciptakan suasana romantis.

  • Tempat duduk

Kursi mungkin tampak seperti fitur dasar, tetapi tidak tersedia sebagai standar di semua bak mandi air panas.

Kursi berguna jika Anda ingin bersantai dan menghabiskan waktu di hot tub sambil menikmati minuman, sedangkan hot tub tanpa kursi mungkin lebih baik ditujukan untuk anak-anak bermain.

Semakin banyak kursi yang dimiliki jacuzzi, semakin mahal harganya untuk dibeli.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/10/13/063000721/kapan-anda-tahu-bahwa-jacuzzi-sejatinya-nama-perusahaan-jet-pump-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke