Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Kawasan Eksklusif Termahal di Asia, Menteng Salah Satunya

Kawasan tersebut acap kali menjadi tempat atau rumah bagi para taipan, kalangan tajir, selebritas ternama, atau profesional yang masuk dalam liga CEO Suites.

Dilansir dari Tatler Asia, Mingu (11/07/2021), berikut tujuh kawasan ekslusif di Asia dengan harga properti termahal, Menteng Jakarta, salah satunya.

1. Mount Nicholson Road, Hong Kong

Pada April 2021, Knight Frank menerbitkan sebuah laporan yang menyatakan bahwa Hong Kong adalah kota termahal untuk properti sewa dengan rerata 6,7 juta dolar AS atau setara Rp 97 miliar per kaki persegi pada akhir tahun 2020.

Bukan rahasia harga sewa di Hong Kong Kong telah menjadi salah satu yang tertinggi di dunia selama bertahun-tahun, tapi itu jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya membeli rumah.

Pada bulan Februari tahun ini, sebuah rumah di Borrett Road, Mid-levels memecahkan rekor, terjual seharga 59 juta dolar AS atau setara Rp 855 miliar.

The Peak dan Mid-Levels yang populer sebagai kawasan eksklusif, menawarkan sederet properti dengan harga yang tidak masuk akal.

Meski demikian terlepas dari penjualan tersebut, Mount Nicholson Road masih dianggap sebagai kawasan termahal di Hong Kong.

Mount Nicholson Road Hong Kong juga secara resmi diakui sebagai kawasan termahal kedua di dunia, setelah 57th Street di New York.

Temuan ini dirinci dalam laporan Knight Frank 2020, yang menyatakan 35 rumah terjual lebih dari 25 juta dolar AS atau ekuivalen Rp 362 miliar dalam lima tahun terakhir.

Menurut laporan itu, meskipun Mount Nicholson Road berada di posisi kedua, tetapi sebenarnya memiliki label harga rata-rata tertinggi secara global, dengan angka 81,8 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,1 triliun.

Selain Mount Nicholson Road, lokasi eksklusif lain dengan harga properti tinggi juga terdapat di Mount Kellett Road, Conduit Road, Pollock's Path, Peak Road, Severn Road.

Altamount Road adalah kawasan perumahan ultra-eksklusif di Mumbai, yang juga dikenal sebagai "tempatnya barisan miliarder" India.

Jalan tersebut dinobatkan sebagai jalan termahal ke-10 di dunia dan menampilkan rumah orang terkaya India.

Rumah Mukesh Ambani bernilai lebih dari 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 14,4 triliun dan dikenal sebagai rumah termahal sejagat raya.

Dia hanyalah salah satu individu miliarder India yang memiliki rumah di lokasi tersebut

Terletak di perbukitan Cumbala, titik tertinggi di Mumbai Selatan, jalan dengan deretan pepohonan adalah rumah bagi beberapa bangunan paling ikonik dan bersejarah di kota, bersama dengan perkembangan tinggi dan kompleks perumahan mewah.

Selain Altamount Road lokasi eksklusif dengan harga properti tertinggi juga terdapat di Bukit Malabar, Parade Manset, Juhu.

3. Nassim Road, Singapura

Nassim Road sempat menjadi sorotan di awal tahun ketika istri pendiri teknologi Singapura membeli unit properti GCB senilai 128,8 juta dolar AS atau setara Rp 1,8 triliun.

GCB merupakan jenis properti yang termasuk paling bergengsi di Singapura.

Secara historis, harga GCB di Singapura berkisar 15 juta dolar AS atau setara Rp 217 juta hingga 100 juta dolar AS ekuivalen Rp 1,4 triliun.

Namun, rata-rata, harga GCB cenderung mencapai sekitar 30 juta dolar AS setara Rp 434 juta.

GCB dapat ditemukan di beberapa distrik, hanya GCB di Nassim Road merupakan porperti yang paling banyak diminati.

Nassim Road juga dikenal sebagai tempat yang memiliki banyak gedung kedutaan besar dair berbagai negara.

Sebut saja, Kedutaan Besar Jepang, Kedutaan Besar Republik Filipina dan Kedutaan Besar Federasi Rusia semuanya terletak di sepanjang Nassim Road.

Sejak tahun 2019, Properti di Nassim Road telah memecahkan rekor penjualan properti tertinggi per meter persegi di Singapura.

Di mana seorang milarder bernama James Dyson membeli properti di Nassim Road senilai 50 juta dolar AS atau setara Rp 724 miliar hanya untuk sebuah rumah di atas lahan seluas 1.402 meter persegi di Cluny Road yang merupakan bagian dari Nassim Road.

Selain Nassim Road, terdapat juga lokasi eksklusif lainnya di Singapura yang memiliki harga properti fantastis di antaranya Taman Belmont, Taman Cluny, Taman Holland, Taman Ridley, Taman Gedung Putih.

4. Jalan Ratchadamri, Bangkok

Kawasan ini juga dekat dengan ruang terbuka hijau Klub Olahraga Royal Bangkok dan Taman Lumphini, menjadikan lingkungan eponimnya salah satu yang teratas lokasi real estat utama di Bangkok.

Selain menjadi rumah bagi sejumlah besar hotel mewah, termasuk The St. Regis Bangkok dan Anantara Siam Bangkok Hotel, kawasan ini menawarkan harga kondominium termahal di Bangkok.

Selain itu, lokasi eksklusif lain dengan harga properti tertinggi di Bangkok juga ada di
Jalan Nirkabel.

5. Hannam-dong, Seoul

Hannam-dong, lingkungan eksklusif yang terletak di distrik Yongsan-gu Seoul terletak di selatan kota.

Meskipun banyak wajah terkenal secara tradisional tinggal di distrik Gangnam Seoul, dalam beberapa tahun terakhir, selebriti dan eksekutif telah pindah ke tiga daerah perumahan terkenal di lingkungan itu, yaitu UN Village, The Hill, dan Richensia Apartments.

Orang-orang terkenal yang tinggal di Hannam-dong termasuk Lee Myeong-hee, saudara perempuan dari mendiang pimpinan Samsung Lee Kun-Hee yang memiliki rumah paling mahal di Korea.

Selain itu anggota grup superstar BTS juga tinggal di Hannam-dong. Mereka tinggal di kompleks apartemen eksklusif Hannam The Hill.

Selain Hannam-dong, ada juga Seongbuk-dong dan Cheongdam-dong yang merupakan lokasi yang terkenal memiliki harga properti yang sangat mahal.

6. Menteng, Jakarta

Meskipun terletak di pusat kota, daerah yang makmur ini dianggap sebagai salah satu yang tertua dan paling bergengsi di Jakarta.

Karena lokasinya yang strategis dan berada di pusat kota Jakarta, Menteng paling diminati, terutama oleh orang kaya dan para pejabat.

Meskipun tidak ada satu jalan pun yang menonjol, Menteng menjadi incaran, karena kedekatannya dengan pusat bisnis, kedutaan besar, dan rumah-rumah besar dari era kolonial Belanda.

Selain Menteng yang berlokasi di pusat Jakarta, lokasi lain yang terkenal memiliki properti mencapai miliaran rupiah adalah Pondok Indah yang berlokasi di Jakarta Selatan.

7. Shirokane, Tokyo

Shirokane terletak di bagian barat daya Minato, Tokyo, dan merupakan salah satu lingkungan terkaya di Jepang.

Distrik Minato secara keseluruhan dikenal sebagai salah satu daerah paling makmur di Tokyo, tetapi Shirokane menonjol karena banyaknya ruang hijau yang belum dikembangkan.

Restoran dan butik bergengsi dapat ditemukan di sepanjang Platinum Street di Shirokane.

Platinum Street dikelilingi oleh kawasan perumahan yang tenang dan mewah, dengan banyak kondominium mewah juga ditemukan di sepanjang Jalan Meguro Dori.

Selain Shirokane, ada juga Azabu dan Akasaka yang merupakan lokasi ekslusif dengan harga properti termahal di Tokyo.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/07/11/134043821/7-kawasan-eksklusif-termahal-di-asia-menteng-salah-satunya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke