Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kantah Pontianak Luncurkan Layanan Pertanahan Drive-Thru

Layanan tanpa turun itu mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak berupa pembangunan akses jalan untuk memudahkan masyarakat.

Pembangunan akses jalan ini ditandai dengan peletakan batu pertama (groundbreaking) oleh Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Surya Tjandra, Jumat (25/06/2021).

Surya mengatakan, ini merupakan awal dari upaya kreatif Kementerian ATR/BPN dan berharap akan terus dilakukan.

"Sekecil apapun kreasi dan inovasi yang diberikan, itu selalu menambah, memperbaiki, dan memberikan pondasi baru bagi perkembangan kantor kami yang juga perkembangan peradaban itu sendiri," terang Surya dikutip dari laman Kementerian ATR/BPN, Senin (28/06/2021).

Sejatinya, inovasi yaitu menggabungkan hal-hal yang sudah ada menjadi sesuatu yang baru.

Oleh karena itu, dia mengapresiasi Kantah Kota Pontianak yang telah mewujudkan inovasi PERDANA.

Surya optimistis, keberadaan PERDANA nantinya akan memberikan contoh kepada Kantah lainnya dalam rangka memberikan pelayanan terbaik dan tercepat bagi masyarakat.

Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah BPN Provinsi Kalimantan Barat Sigit Wahyudi berpendapat, seluruh pelayanan pertanahan ke depannya bakal lebih berkualitas, cepat, murah, terjangkau dan terukur kepada masyarakat dengan adanya PERDANA.

"Kami dari Kanwil tentunya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh terhadap inovasi terkait pertanahan. Inovasi ini sangat diperlukan di Kantah karena merupakan amanah dari kelembagaan yang memiliki nilai melayani, profesional, dan terpercaya," tutur dia.

Sedangkan, Kepala Kantah Kota Pontianak Sigit Santosa melaporkan, lokasi drive-thru yang akan dibangun memiliki luas sekitar 300 meter persegi. 

"Melalui aplikasi ini, pemohon dapat mengajukan permohonan di mana saja, kapan saja, bahkan tanpa turun kendaraan," ujar Sigit.

Terdapat 25 layanan yang disiapkan Kantah Kota Pontianak dan semuanya lebih cepat dari Standar Operasional Prosedur (SOP).

Selain peletakan batu pertama pembangunan PERDANA, Surya meresmikan Lawar Media Center, penandatanganan Deklarasi Kelurahan Lengkap, serta Penyerahan banner digital sebagai bentuk dukungan dari Bank Syariah Indonesia (BSI).

Adapun kehadiran Surya di Kota Pontianak merupakan rangkaian agenda kunjungan kerja (kunker) di Provinsi Kalimantan Barat.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/06/28/123000721/kantah-pontianak-luncurkan-layanan-pertanahan-drive-thru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke