Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelajah Amsterdam, Surga Karya Arsitektur Modern

Salah satu stadionnya, The Johan Cruyff Arena, akan menjadi lokasi pertandingan babak 16 besar antara Timnas Wales dan Timnas Denmark, Minggu (27/06/2021).

Tak hanya kaya akan berbagai hal yang berhubungan dengan sepakbola, lanskap kota Amsterdam juga menarik untuk dilihat.

Umumnya, gaya arsitektur di Amsterdam berasal dari abad pertengahan. Namun, kota ini juga menampilkan banyak contoh desain struktural modern yang inovatif.

Bangunan menarik yang menyimpang dari bentuk konvensional dan gerakan arsitektur, menciptakan pemandangan kota modern yang menakjubkan yang hampir tak tertandingi di Belanda atau Eropa Utara.

Berikut beberapa gedung unik yang harus Anda kunjungi bila sedang mengunjungi Amsterdam.

De Fietsflat

Gedung terapung ini awalnya dibuat sebagai ruang sementara untuk menyimpan sepeda di sekitar stasiun selama proyek renovasi skala besar.

Namun setelah renovasi stasiun selesai, pemerintah memutuskan untuk membiarkan fasilitas itu tetap utuh dan sekarang dikenal sebagai de Fietsflat (Apartemen Sepeda).

NEMO Science Museum

Pintu masuk museum terletak di dek kapal buatan ini dan pengunjung dapat menaiki tangga yang menjulang tinggi untuk mengakses fasilitas tersebut.

Benteng atas bangunan terlihat miring ke bawah menuju pusat kota Amsterdam, sehingga menciptakan tampilan yang luar biasa.

EYE Film Institute

Tempat ini dibangun untuk menampung arsip film nasional dan memiliki empat bioskop modern, ruang pameran, dan restoran.

Menaranya yang miring dan pola geometris yang aneh menciptakan ilusi gerakan, dengan masing-masing dindingnya terlipat ke dinding berikutnya.

Muziekgebouw aan ‘t IJ

Bangunan ini memiliki beberapa ruang konser canggih yang dirancang untuk mengakomodasi pertunjukan, mulai dari dari skala kecil hingga festival.

Interiornya terbungkus dalam dinding kaca berbentuk kubus yang menghadap ke dermaga selatan Amsterdam dan menghadap ke stasiun pusat kota.

Struktur elegan ini dilindungi oleh kanopi logam besar yang menggantung di atas bagian barat gedung Muziekgebouw aan 't IJ.

Restoran REM Eiland

Pada 1960-an, tempat ini menjadi stasiun radio bajak laut Belanda namun akhirnya ditutup oleh pihak berwenang.

Tempat ini kemudian dipindahkan ke Amsterdam Houthavens. Mereka pun mengubahnya menjadi restoran populer, yang terkenal dengan pemandangan sungai IJ yang indah.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/06/26/080000121/jelajah-amsterdam-surga-karya-arsitektur-modern-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke