Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang Waisak, 100.000 Tiket Whoosh Terjual

Kompas.com - 26/05/2024, 22:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 100.000 tiket Kereta Cepat Whoosh terjual selama libur panjang Hari Raya Waisak, tepatnya mulai 22-27 Mei 2024.

Berdasarkan data Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), jumlah penumpang terbanyak selama periode libur panjang ini terjadi pada 22 Mei 2024 dengan total mencapai 21.267 penumpang.

Sementara Stasiun Halim menjadi stasiun paling ramai dengan keberangkatan penumpang terbanyak per hari mencapai sekitar 13.500 orang.

Sebanyak 80 persen penumpang Whoosh dari Stasiun Halim tersebut turun di Stasiun Padalarang dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Kereta Api (KA) Feeder.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan masih terjadi lonjakan volume penumpang tanggal 26 Mei 2024 yang jatuh pada hari Minggu.

Hanya saja, penumpang Whoosh lebih banyak menggunakan kereta dengan keberangkatan dari wilayah Bandung menuju Jakarta.

Baca juga: Hingga Besok, KCIC Siapkan 48 Perjalanan Kereta Cepat Whoosh

Sekitar 13.000 tiket terjual untuk relasi keberangkatan dari Stasiun Padalarang dan Stasiun Tegalluar menuju Halim pada akhir libur panjang Waisak tersebut. Sementara 6.500 tiket lainnya merupakan relasi keberangkatan dari Stasiun Halim.

Jumlah tiket terjual akan meningkat, mengingat penjualan masih berlangsung hingga keberangkatan kereta terakhir.

"Melalui antisipasi dan kolaborasi dengan seluruh stakeholder, pelayanan selama masa libur panjang akhir pekan kali ini berlangsung dengan aman, lancar, dan terkendali," ujarnya.

Dalam mengantisipasi lonjakan penumpang, KCIC mengoperasikan 48 perjalanan Whoosh per hari. Penumpang dapat melakukan pemesanan tiket mulai 14 hari sebelum keberangkatan melalui saluran resmi yang tersedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com