Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Mei, Ada 5 Kejadian Benang Layangan Nyangkut di Jaringan Listrik Whoosh

Kompas.com - 11/06/2024, 18:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat dilarang bermain layang-layang di dekat rel Kereta Cepat Whoosh.

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) meminta, setidaknya radius 500 meter ke kanan dan kiri rel Whoosh steril dari layang-layang.

Pasalnya sampai dengan pertengahan tahun 2024, ada 5 kejadian benang atau layang-layang putus yang menyangkut di jaringan listrik Whoosh.

Oleh karena itu, KCIC mengadakan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya bermain layang-layang di dekat jalur Whoosh, khususnya kepada anak-anak sekolah.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, sepanjang tahun 2024 sudah ada 10 sekolah dengan 2.000 siswa yang mengikuti kegiatan sosialiasi dalam rangka memeringati bulan Juni sebagai Bulan Tertib Layang-Layang.

"KCIC menyasar warga, terutama anak-anak, sebab permainan layang-layang umumnya dilakukan oleh anak-anak sepulang dari sekolah," ujar Eva.

Baca juga: Dari Stasiun Whoosh Halim ke Bandara Halim Perdanakusuma Bisa Naik Shuttle

Diharapkan melalui kolaborasi dengan sekolah dan tokoh masyarakat, sosialisasi bisa lebih efektif dipahami anak-anak.

Tak hanya sosialisasi, dari sisi teknis KCIC tetap melakukan patroli rutin berkolaborasi dengan TNI/Polri dan memetakan lokasi-lokasi yang rawan terhadap gangguan layang-layang.

"KCIC tetap berkomitmen terhadap keselamatan perjalanan Whoosh dan keselamatan masyarakat. Melalui kolaborasi dengan seluruh pihak, KCIC berharap seluruh perjalanan Whoosh dapat terbebas dari gangguan," tandas Eva.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com