Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Trail of Civilization Akan Dikembangkan di Destinasi Super Prioritas Borobudur

Borobudur Trail of Civilization merupakan uji coba pelaksanaan pola-pola perjalanan di sekitar kawasan Candi Borobudur yang disusun berdasarkan relief yang terdapat di dinding candi.

Relief-relief ini menggambarkan peradaban kehidupan masyarakat sejak zaman kerajaan Hindu-Buddha di Tanah Jawa.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, konsep perjalanan Trail of Civilization ini dapat meningkatkan kualitas pengalaman berwisata bagi wisatawan dengan mengedepankan unsur edukasi, entertainment, dan diperkuat dengan storytelling pada setiap aktivitasnya.

"Sebelumnya, pola Trail of Civilization ini telah diujicobakan dalam acara peluncuran 'Borobudur Trail of Civilization' di Omah Mbudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (21/6/2021)," ujar Uno seperti dikutip Kompas.com, dari laman bob.kemenparekraf.go.id, Jumat (25/06/2021).

Uji coba ini merupakan bagian dari langkah Pemerintah mempersiapkan Borobudur sebagai salah satu dari lima destinasi super prioritas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

“Harapannya wisata yang localized, customized, and smaller in size ini bisa kita hadirkan melalui Borobudur Trail of Civilization,” imbuh Sandi.

Kelimanya adalah Ancient Kingdom Trail, Joglosemar Historic Trail, Buddhist Pilgrimage, Edu Trail, dan The Classical Indonesia Batik Route.

Selain itu, uji coba ini juga bertujuan untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan di masa yang akan datang dan menyiapkan atraksi wisata di sekitar kawasan Borobudur.

“Jalur wisata tematik heritage ini disusun berdasarkan relief yang ada di Candi Borobudur,” kata Rizki.

Sementara itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan infrastruktur DSPN Borobudur selesai pada tahun ini.

Anggaran yang dialokasikan untuk membangun infrastruktur di DSPN Borobudur senilai Rp 350 miliar.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/06/25/160000621/trail-of-civilization-akan-dikembangkan-di-destinasi-super-prioritas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke