Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

SMI Injeksi Dana Investasi Rp 3,5 Triliun buat Operasional KAI

Bantuan tersebut merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dalam bentuk investasi pemerintah (IP).

Penandatanganan perjanjian program bantuan IP PEN dilakukan Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad dan Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo di Kantor Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (30/11/2020).

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, proses penyaluran bantuan PEN ini telah melalui kajian mendalam oleh PT SMI bersama Kementerian Keuangan dan lembaga independen.

Direktur Utama SMI Edwin Syahruzad menuturkan, kajian secara mendalam dan komprehensif dilakukan terhadap kondisi keuangan PT KAI.

"Kajian pemberian investasi ini dilakukan tidak hanya dari aspek finansial, tapi juga aspek hukum dan kelayakan ekonomi dengan melibatkan lembaga independen," kata Edwin.

Selain itu, PT SMI bersama Kementerian Keuangan telah melakukan kajian atas faktor-faktor risiko serta upaya mitigasi atas risiko tersebut.

Adapun hasil studi kelayakan menyimpulkan bahwa pertama terdapat aspek urgensi pemberian IP PEN kepada PT KAI karena penurunan signifikan dari sisi pendapatan dan arus kas operasional.

Kedua, PT KAI memiliki peran penting dalam penyediaan transportasi publik yang murah dan terjangkau melalui moda kereta api.

Ketiga, pemberian IP PEN memiliki dampak positif terhadap perekonomian, karena penggunaan dana IP PEN turut berkontribusi meningkatkan pendapatan fiskal baik langsung maupun tidak langsung.

Keempat, proyeksi keuangan mengindikasikan bahwa PT KAI mampu melakukan pengembalian IP PEN.

Kelima, tidak terdapat penolakan dari pemegang saham dan kreditur existing PT KAI terkait dengan perolehan IP PEN.

Edwin mengharapkan, bantuan IP PEN ini akan membantu membangkitkan kegiatan operasional KAI yang mengalami penurunan pendapatan.

Penurunan pendapatan KAI sangat signifikan ini terjadi akibat pembatasan layanan perjalanan penumpang kereta api selama masa pandemi Covid-19.

https://www.kompas.com/properti/read/2020/11/30/171335421/smi-injeksi-dana-investasi-rp-35-triliun-buat-operasional-kai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke