Kompas.com - 18/08/2022, 22:22 WIB
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Lobow Ilyas atau biasa dikenal Lobow merilis single baru yang berjudul “Hanya Debu” bertepatan dengan perayaan HUT ke-77 Republik Indonesia kemarin.

Dalam lagu ini, Lobow turut menyinggung mengenai masalah sampah plastik yang punya dampak besar bagi lingkungan.

Pasalnya, kini Indonesia masuk dalam daftar lima besar negara produsen sampah plastik terbesar di dunia.

“‘Hanya Debu’ lagu yang aku buat terinspirasi karena masalah sampah plastik, dan (merilisnya) di Hari Kemerdekaan ini aku jadikan momen merilis lagu," kata Lobow di kawasan Cinere, Depok pada Rabu (17/8/2022).

"Kenapa aku bikin lagu ini? Karena ini bentuk kemerdekaan aku dalam menyampaikan pendapat soal masalah sampah plastik lewat musik ini," tambah Lobow.

Untuk menyempurnakan lagu tersebut, Lobow juga merilis video klip lagunya. Video itu mendukung permasalahan limbah sampah plastik yang menjadi masalah bersama.

Lewat video musiknya, Lobow mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan sampah. Sebab, sebuah plastik akan membutuhkan waktu 50 sampai 100 tahun untuk bisa terurai.

"Dari video klip dan semangat lagunya. Itu disuarakan untuk kepedulian ini. Aku sayang smaa Indonesia bayangkan gimana kondisinya 10-20 tahun ke depan," ungkap Lobow.

Dalam single ini, Lobow juga mendapat dukungan dari rekannya yakni Bimo Maxim dan Menhefari agar peduli pada sampah plastik.

"Ini (single) buat warning aja kali ya, karena kita peduli untuk masalah sampah plastik ini," ucap Menhefari.

"Lagu ini sudah lama aku tunggu untuk rilis, kita ngobrol sambil nungguin rilisnya. Kita berangkat dari rasa khawatir yang sama dan kepedulian sama," timpal Bimo Maxim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.