Kompas.com - 18/08/2022, 21:44 WIB
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Reels telah menjadi fitur yang saat ini populer di Instagram.

Fitur ini memunculkan banyak kreasi penggunanya, terutama konten komedi yang banyak ditampilkan dalam Reels.

Berangkat dari hal tersebut Instagram meluncurkan program #TawaDiReels.

Program ini didesain untuk memberdayakan komika-komika di Indonesia dalam perjalanan mereka di dunia digital.

Baca juga: KompasTV Kembali Hadirkan SUCI, Komeng Jadi Juri

Dalam program ini, Instagram mengadakan pelatihan bagi para pengguna Reels.

Seluruh materi dan kegiatan di kelas ini telah dirancang secara khusus untuk konten komedi, meliputi sesi berbagi best practice, pelatihan tentang membuat konten yang sesuai dengan Pedoman Komunitas Instagram, perlindungan akun dari hacker dan perundungan, serta trik-trik meningkatkan visibilitas akun di Reels untuk menjaring kerjasama dengan brand.

“Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara dengan pertumbuhan Reels tercepat. Berkat basis pengguna yang luas serta kemudahan untuk menemukan konten dari berbagai kategori, fitur ini telah mendorong pertumbuhan ekosistem kreator dan memunculkan bakat-bakat baru dari seluruh Indonesia,” kata Revie Sylviana selaku Direktur Kemitraan Kreator untuk Meta di Indonesia dan Asia Tenggara dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (18/8/2022).

Baca juga: Deretan Juri dan Pembawa Acara SUCI X

“Peluncuran kampanye #TawaDiReels menjadi bentuk dukungan Meta bagi para komika di Indonesia dalam mengembangkan basis penggemar dan memperluas eksistensi mereka di ranah digital,” tambahnya.

Babe Cabita yang menjadi salah satu komika yang dipilih sebagai Wajah #TawaDiReels mengatakan bahwa kehadiran fitur Reels membantunya menyalurkan konten-konten komedi.

“Kampanye #TawadiReels ini merupakan inisiatif yang pas untuk mengajak para kreator agar menginspirasi satu sama lain, memproduksi konten positif, memunculkan bakat komika baru serta mendapatkan peluang kerja sama dengan berbagai brand,” tutur Babe.

Baca juga: Usung Tema Tawa 1 Dekade, Kompas TV Kembali Hadirkan SUCI

Selain itu, Instagram juga berkolaborasi dengan Stand-Up Comedy Indonesia (SUCI X) sebagai bagian dari program #TawadiReels untuk mendorong talenta-talenta komedi baru dari seluruh Indonesia.

“Di usianya yang genap 1 dekade pada tahun ini, Stand Up Comedy Indonesia atau SUCI X berkolaborasi dengan sejumlah pihak seperti, Instagram, Comika.id dan Pecahkan milik Pandji Pragiwaksono. Serta juga berkolaborasi dengan Raditya Dika untuk konten kreatif,” ucap Reestia Dela selaku News Entertainment Manager, KompasTV.

“Bersama Instagram kami membuat program SUCI Tawa di Reels yang juga audisinya dilakukan oleh tim SUCI melalui Reels. Kedepannya kami pasti akan terus melaju untuk berkolaborasi dengan Instagram dengan harapan keriuhan dari SUCI X ini akan terus meramaikan industri komedi di Indonesia,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.