Kompas.com - 24/07/2021, 06:19 WIB
Komika Arafah Rianti menjadi tamu podcast Deddy Corbuzier. YouTube Deddy CorbuzierKomika Arafah Rianti menjadi tamu podcast Deddy Corbuzier.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian masyarakat Indonesia merasakan dampak kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, yang kini berubah menjadi PPKM Covid-19 Level 4, di Jawa dan Bali.

Salah satunya adalah komika Arafah Rianti. Kios rental PS-nya yang berlokasi di Depok, Jawa Barat, kini sepi pengunjung.

"Iya, sebel sih gue. Rental PS gue tutup di jam 8 (malam), sedangkan rental PS itu penuh-penuhnya di jam 9," keluh Arafah Rianti seperti dikutip Kompas.com dari kanal YouTube Deddy Corbuzier, Jumat (23/7/2021).

Baca juga: Rental PS Sepi Pelanggan, Arafah Rianti Protes soal PPKM

Arafah mengatakan pelanggan tidak ada yang datang dari pagi. Rental PS akan ramai pada pukul 21.00 WIB - 00.00 WIB.

Imbas sepi pelanggan

Dara kelahiran September 1997 itu mengatakan, dia harus membayar biaya sewa kios dalam satu tahun sebesar Rp 30 juta. Dia juga harus menggaji dua karyawannya.

Sebelum adanya kebijakan tersebut, Arafah mengaku mendapat penghasilan kotor sebanyak Rp 300.000 hingga Rp 400.000 dalam sehari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"(Selama PPKM) Rp 50.000 paling, Rp 100.000 lah. Iya, sepi kan? Jadi, masa gue tombok gaji karyawan gue? Kan capek juga," ujar Arafah Rianti.

Baca juga: Tidak Tega Potong Gaji Karyawan, Arafah Rianti: Rp 7.000 Sehari Mau Makan Apa?

Tak tega potong gaji karyawan

Meskipun pendapatan rentalnya turun drastis, Arafah Rianti tidak tega memotong gaji karyawannya.

"Mau makan apaan dia? Dia enggak bisa makan sehari tiga kali. Kasihan kalau dipotong, gajinya kecil," ucap Arafah Rianti.

Bintang film Cek Toko Sebelah itu mencoba hitung-hitungan. Apabila penghasilan kotor dalam sehari mendapatkan Rp 100.000, maka Arafah bisa mengantongi Rp 3 juta dalam sebulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.