Rumah Tangga Sepi dari Gosip, Ini 5 Kenangan Ajaran Cinta dalam Pernikahan dari Raditya Oloan

Kompas.com - 07/05/2021, 09:19 WIB
Joanna Alexandra dan sang suami Raditya Oloan di RSIA Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (30/5/2017). KOMPAS.com/SINTIA ASTARINAJoanna Alexandra dan sang suami Raditya Oloan di RSIA Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (30/5/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com- Menjadi pendiri Love Academy, mendiang Raditya Oloan, suami aktris Joanna Alexandra meninggalkan banyak pelajaran tentang cinta, baik terhadap kekasih hingga pasangan dalam ikatan pernikahan.

Selalu terlihat bahagia dalam pernikahannya dengan Joanna sejak tahun 2007, intip beberapa pelajaran cinta dari Raditya dalam ikatan pernikahan.

Belajar bahagia sebelum menikah

Pernikahan bukan jalan cepat untuk mendapat kebahagiaan. Karena kebahagiaan bisa diperoleh jika sudah belajar bahagia untuk diri sendiri sebelum menikah.

Baca juga: Profil Raditya Oloan Panggabean, Suami Joanna Alexandra

"Lebih baik jomblo seumur hidup daripada nikah tapi memaksa pasangan untuk selalu membahagiakan," tulis Raditya.

Pernikahan bukan buat orang yang jatuh cinta

Raditya menulis ini dan mengatakan kalau pernikahan diperuntukkan bagi mereka yang memilih berkomitmen dengan pasangannya atas beberapa hal.

"Seperti berkomitmen untuk tetap memilih pasangannya setiap hari, berkomitmen untuk mengasihi tanpa syarat, berkomitmen dan memilih untuk mengampuni tanpa menunggu pasangannya berubah," tulis Raditya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Joanna Alexandra: Mohon Luangkan Waktu Sebentar dan Doakan Raditya Oloan

"Berkomitmen untuk tetap melihat yang terbaik tanpa tenggelam oleh kekurangannya, berkomitmen menjadikan pasangan sebagai kawan walaupun sikapnya mulai seperti musuh, berkomitmen menjadikan Tuhan alasannya untuk bertindak," imbuhnya.

Memenangkan hubungan bukan memenangkan argumen

Raditya menulis tentang kecenderungan pasangan menikah yang mulai malas berbicara, malas pulang, mendiamkan masalah, mudah tersinggung, emosi, dan bertengkar.

"Itu kenapa pentingnya spend quality time dengan pasangan kita. Pentingnya bertukar rasa dan bertukar pemikiran dan saling menghargai," tulisnya.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.