Kompas.com - 28/03/2021, 14:01 WIB
Aaliyah Massaid dalam acara Washington Apple Week di Grand Indonesia, Jakarta Pusat pada Kamis (5/12/2019). KOMPAS.com/Revi C Rantung Aaliyah Massaid dalam acara Washington Apple Week di Grand Indonesia, Jakarta Pusat pada Kamis (5/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Aaliyah Massaid diterpa banyak ujian hidup sejak masih kecil.

Meski demikian pemilik nama lahir Aaliyah Annisa Jeffar Massaid terlihat kuat dan tegar meskipun cobaan silih berganti.

Aaliyah sendiri tidak bisa menjawab bila ditanya mengapa bisa kuat menghadapi semua masalah.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Tak Searah dari Aaliyah Massaid

Dia hanya menjawab, semakin mengeluh, cobaan hidup yang dialami tidak akan berubah sedikitpun.

"Takutnya semakin mengeluh, nanti sama Allah enggak selesai-selesai. Jadi ya enggak dipikirin, misalnya kayak dari Dddy meninggal, kasus apa segala macam, tahu-tahu kelewat semuanya, enggak terasa, sudah beberapa tahun yang lalu, terus sampai sekarang sudah kuat," jawab Aaliyah seperti dikutip Kompas.com dari kanal YouTube MAIA ALELDUL TV, Minggu (28/3/2021).

Baca juga: Cerita Haru Aaliyah Massaid Temani Adjie Massaid di Saat Terakhir Hidupnya

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain tidak mengeluhkan yang sudah terjadi, dara kelahiran Maret 2002 itu belajar dari  orangtua yang mengajarkan untuk selalu menjadi pribadi yang lebih baik dari hari sebelumnya.

Oleh karena itu, Aaliyah tidak menyalahkan keadaan dan ujian yang diberikan oleh Tuhan.

"Kenapa kita harus jadi ugal-ugalan? Kan ada juga yang istilahnya jadi bandel atau gimana. Malah kita seharusnya become someone dari cobaan itu. Kan kita dikasih cobaan untuk dikasih sesuatu yang besar juga. Tapi kalau kita salah memilih langkah, ya jadinya jatuh saja, jadi kita harus try to make the best all the good," ucap Aaliyah.

Baca juga: Aaliyah Massaid Sempat Mengira Adjie Massaid Bercanda Saat Merintih Kesakitan

Terlepas dari itu, Aaliyah tidak memungkiri dia menangis ketika ujian dari Tuhan itu datang. Namun dia tidak mau berlarut-larut dalam kesedihan.

"Malah mungkin karena Allah sayang sama aku, dia mendengar doa aku. Jadi ya sudah, dinikmati saja. Jadi sekarang setiap kena masalah, 'oh iya, berarti ke depannya akan ada sesuatu yang lebih besar'. Jadi ya sudah, sabar saja. Toh, enggak akan mengkhianati hasil," ujar Aaliyah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X