Kompas.com - 06/03/2021, 15:27 WIB
Paul Bettany dan Elizabeth Olsen dalam film WandaVision MARVEL STUDIOSPaul Bettany dan Elizabeth Olsen dalam film WandaVision

KOMPAS.com - The Darkhold secara resmi menjadi bagian dari Marvel Cinematic Universe.

Seperti banyak penggemar berteori setelah cameo cepat di penghujung WandaVision Episode 7, buku besar Marvel yang legendaris membuat debut MCU yang tepat di serial itu pada Jumat (5/3/2021).

Hal itu menempatkannya tepat di samping buku mistik lainnya seperti Doctor Strange's Book of Cagliostro.

Baca juga: Bocoran Episode Terakhir WandaVision, Ketika Sosok Asli Wanda Terungkap

Memang, buku tersebut sebelumnya pernah muncul di Agents of SHIELD, tetapi dengan tampilan dan tujuannya di WandaVision, terlihat jelas bahwa versi ini adalah sesuatu yang sangat berbeda. Apa artinya dunia sinematik di masa depan?

Singkatnya, ini membuka sudut baru MCU yang siap untuk dieksplorasi.

Buku itu sendiri diciptakan oleh Dewa Penatua dengan nama Chthon, karakter yang diyakini beberapa ahli teori sebagai keburukan besar WandaVision.

Baca juga: Sutradara Matt Shakman Angkat Bicara Soal Season Lanjutan WandaVision

Meskipun teori tertentu tidak membuahkan hasil, sangat mungkin Marvel Studios memutuskan untuk mengunjunginya kembali pada satu titik atau lainnya.

Bahkan di luar perkenalan karakter besar-besaran, buku tersebut telah memiliki konsekuensi serius pada keseluruhan kesejahteraan karakter yang berada di dalam MCU.

Seperti yang terlihat dalam momen-momen akhir WandaVision, Wanda (Elizabeth Olsen) sendiri sedang meneliti buku tersebut saat ia tampak sedang mencari anak-anaknya.

Baca juga: Sutradara Matt Shakman Ungkap Pesan Utama di Balik WandaVision

Begitu dia mendengar mereka berteriak minta tolong, dia menutup buku itu saat layarnya menjadi hitam.

Membuatnya tampak seolah-olah berfungsi sebagai petunjuk langsung ke Doctor Strange in the Multiverse of Madness, terutama jika Wanda, pada kenyataannya, menjelajahi multiverse dalam upaya untuk bersatu kembali dengan anak-anaknya.


Sumber Comicbook
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X